blank
Sejumlah pedagang dan pembeli berebut untuk bisa berfoto bersama Ganjar Pranowo, saat datang di Pasar Hamadi, Jayapura, di Papua. Foto: tmgp

JAYAPURA (SUARABARU.ID)– Kehadiran Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, membuat heboh pengunjung Pasar Hamadi, di Jayapura, Provinsi Papua, pada Rabu (22/11/2023). Hari itu, Ganjar yang sedang berkegiatan di Bumi Cendrawasih selama beberapa hari, menyempatkan berkunjung ke pasar tradisional itu.

Kedatangan Ganjar yang mengenakan kemeja hitam itu, membuat kaget warga. Mereka tak menyangka, Ganjar datang dan menyapa mereka. Ratusan pedagang dan pembeli pun, langsung berebut untuk bersalaman dan foto dengannya.

”Selamat datang di Papua pak,” teriak warga sambil berdesakan untuk bersalaman dan foto bersama.

BACA JUGA: Internalisasi Core Value, WR II: Semoga USM Meraih Unggul

blank
Ganjar menyempatkan diri mengunjungi salah satu kios yang ada di Pasar Hamadi, untuk membeli oleh-oleh. Foto: tmgp

Ganjar pun dengan ramah menyapa warga sambil melayani foto bersama. Beberapa kali dia ditarik para pembeli untuk ke kiosnya, dan mengenalkan berbagai produk khas yang dijual di sana.

”Saya senang sekali ketemu Pak Ganjar. Sehat dan sukses selalu ya pak,” ucap beberapa pedagang di sana.

Ganjar lalu membeli beberapa produk yang dijual di tempat itu. Dia begitu tertarik dengan beragam kerajinan hasil karya masyarakat Papua, yang beragam jenisnya.

BACA JUGA: PWI Kudus dan Forum Rektor Kudus Gelar Dialog soal Kampanye di Kampus

”Ini banyak sekali kerajinan masyarakat khas Papua. Saya suka dan beli gelang dari kayu gaharu,” ungkapnya.

Ganjar mengakui, dirinya sangat tertarik membeli kerajinan khas Papua guna mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terlebih, produk itu dibuat langsung dari tangan masyarakat Papua.

Sementara itu, pemilik toko Halwiah, menyampaikan apresiasinya kepada Ganjar, sebab sudah menyempatkan waktu berkunjung ke Pasar Sentral Hamadi, Jayapura. Apalagi dia melarisi barang yang dijualnya.

”Senang sekali, ini kebanggan buat saya, didatangi Pak Ganjar. Dan tadi beli oleh-oleh di sini. Kapan lagi coba bisa sedekat ini sama calon presiden kita,” ungkap Halwiah.

Riyan