Fakultas Psikologi USM menggelar Kuliah Umum dengan Tema ''Psycho - Entrepreneurship pada Masyarakat Urban'' pada 20 November 2023 secara online.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Entrepreneurship merupakan gabungan dari kreativitas, inovasi dan keberanian menghadapi risiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru.

Sedangkan entrepreneur adalah seseorang yang memiliki ide kreatif dan inovatif yang mampu mengembangkan suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan.

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Semarang, Prof. Dr. Rini Sugiarti M.Si,Psikolog saat membuka Kuliah Umum yang digelar Fakultas Psikologi USM dengan Tema ”Psycho – Entrepreneurship pada Masyarakat Urban” pada 20 November 2023 secara online.

”Entrepreneur harus kreatif dan inovatif dan mampu mengembangkan bisnis untuk mencapai sukses,” katanya.

Kegiatan menghadirkan dua narasumber yaitu Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Ciputra Surabaya, Prof. Dr. Jimmy Elyya Kurniawan, M.Si.,Psikolog dan HR Supervisor PT.Macroprima Panganutama- Cimory Group, Nabila Nur Majdina, S.Psi.

Menurut Prof Rini, masyarakat urban diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan perkotaan, modernisasi serta inovasi.

”Jika dikaitkan entrepreneur dengan pola pikir urban, merupakan individu dengan pola pikir tidak konvensional, peka terhadap perubahan zaman, punya daya inovatif dan leadership yang mampu menciptakan usaha menghadapi risiko dan ketidakpastian untuk mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya Prof Jimmy mengatakan, entrepreurship bukan hanya dipandang dari sisi bisnis saja tetapi juga bisa dipandang dari sisi pendidikan dan sosial. Selain itu juga dipandang mengubah sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga.

”Seorang entrepreneur harus mempunyai kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya-karyanya. Ada 3 dimensi kuat yang ada dalam diri entrepreneur (entrepreneurial orientation) yaitu proaktif, inovatif dan risk-taking,” jelasnya.

Menurut Nabila Nur Majdina, cara menarik konsumen dalam bisnis food & beverages pada masyarakat urban, yaitu dengan menggunakan review dari food vlogger, memviralkan makanan, dan menggunakan rating makanan.

Kuliah umum ini berlangsung secara interaktif dimana beberapa mahasiswa menunjukkan antusiasme dengan bertanya dan berdiskusi kepada pemateri mengenai materi yang telah disampaikan.

Tujuan kegiatan agar mahasiswa dapat menambah pengetahuan baru khususnya ilmu psikologi yang dapat diaplikasikan pada dunia enterpreneurship.

Muhaimin