blank
Drektur PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat didampingi Fristian Griec dan Eri Riana saat peluncurkan produk kopi premiumnya. Foto: Wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sido Muncul tak hanya memproduksi jamu dan produk farmasi. Kali ini masuk ke bisnis fod and beverage dengan meluncurkan produk Kopi Premium “Tentrem White Coffee, Minuman Serbuk Kopi Instan 3 in1”.

Peluncuran dilakukan Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat di Hotel Tentrem Jalan Gajah Mada Semarang, Selasa pagi (21/11/2023), dengan menghadirkan presenter televisi Fristian Griec dan motivator Eri Riana.

Irwan Hidayat menyebut, kehadiran Fristian Griec dan Eri Riana untuk memberikan testimoni tentang kopi. “Eri minum kopi sehari tiga kali dan Fristi pernah meliput kasus kopi sianida hingga berjam-jam tiap sidang, dan tak pernah lepas dari kopi,” kata Irwan Hidayat.

Baik Fristian maupun Eri mengiyakan apa yang dikatakan Irwan Hidayat. Eri mengaku, pada awalnya dia memang minum kopi hanya sehari sekali.

“Itu waktu umur dua puluhan. Kemudian berikutnya jadi sehari dua kali, dan sekarang di umur 40-an saya minum kopi tiga kali sehari. Kerja yang membutuhkan konsentrasi cocok dengan ditemani kopi,” kata dia.

blank
Irwan Hidayat berfoto dengan wartawan pada peluncurkan Tentrem White Coffee di Hotel Tentrem Semarang. Foto: Yuyun

Sedangkan Fris di depan para wartawan mengatakan, dia sebagai wartawan juga tak lepas dari kopi. “Saya kira teman-teman jurnalis juga demikian. Wartawan selalu minum kopi untuk tetap bisa berkonsentrasi. Waktu meliput Jessica Wongso dalam kasus koopi sianida, saya juga tak lepas dari kopi,” kenangnya.

Wangsit Nenek

Irwan Hidayat yang hadir bersama seluruh adik-adiknya menceritakan, mengapa membuat produk kopi. Dia menuturkan, bulan Maret 2023 lalu menginap di Hotel Tentrem, dan bermimpi bertemu seorang nenek.

“Nenek itu menunjuk-nunjuk gelas berisi minuman warna coklat, sambil mengacungi jempol. Saya pikir ini pesan kepada saya untuk minum jamu,” ujar Irwan.

Esok paginya, Irwan menyadari, bahwa yang hadir dalam mimpi itu neneknya, pendiri Sido Muncul. “Pagi-pagi saya bangun dan minta dibuatkan kopi. Baru saya tersadar, Mak (nenek) saya itu berpesan untuk memproduksi kopi, dan jempolnya saya tafsirkan produk yang premium bukan kopi biasa,” ujar Irwan.

Kemudian hal itu dibicarakan dengan adik-adiknya, dan disampaikan kepada tim HRD Sido Muncul. “Hingga kemudian lahir produk ini. Diberi brand Tentrem karena saya mendapat insiprasi di Hotel Tentrem. Dan, ini menjadi minuman wajib di Hotel Tentrem,” ujar Irwan.

Khas Semarang

Dalam kemasan, selain brand juga ada tulisan “Semarang Style”, karena menurut Irwan, kualitas rasanya memang white coffee khas semarang ada dalam white coffee tentrem.