blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Investasi Pasar Modal kepada guru SMK Negeri 9 Semarang, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Investasi Pasar Modal kepada guru SMK Negeri 9 Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan didanai oleh Universitas Semarang (USM). Tim PkM USM terdiri atas Ketua Asah Wiari Sidiq, SE.MM, anggota Ahmad Sahri Romadon, SE MAk dan Citra Rizkiana, SE MM.

Menurut Wiari, tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman investasi pasar modal. Selain itu juga melatih cara berinvestasi pasar modal.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini para guru SMK Negeri 9 Semarang memiliki pemahaman cukup baik tentang investasi pasar modal. Sebagai investor mereka paham dalam pemilihan portofolio saham,” katanya.

Dia mengatakan, investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang dengan jangka waktu lebih dari satu tahun, seperti saham, surat utang (obligasi), reksa dana, dan berbagai instrumen derivatif dari efek atau surat berharga.

”Beberapa keuntungan yang diperoleh dalam berinvestasi di pasar modal di antaranya, memiliki Passive Income, lebih likuid dan fleksibel, jenis instrumen yang beragam, keuntungan investasi bisa diprediksi, dan investasi lebih aman karena diawasi negara,” jelasnya.

Muhaimin