Serda Siswandi dari Koramil-08 (kiri) bersama Aiptu Riyanto dari Polsek Giriwoyo (kanan) memberilkan pelatihan baris berbaris kepada Linmas Desa Gedongrejo.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – ”Perhatian untuk semuanya, siap graaak…,” demikian teriak Serda Siswandi saat memberikan pelatihan praktik Peraturan Baris Berbaris (PBB). Pelatihan diberikan kepada para personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Desa Gedongrejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan kepada para personel Linmas diberikan oleh Serda Siswandi dari Koramil-08 bersama Aiptu Riyanto dari Polsek Giriwoyo. Sebagai personel Linmas, diharapkan dapat memahami PBB dengan baik dan benar.

Fungsi sebagai pelindung serta pengayom masyarakat, melekat pada diri personel Linmas. Eksistensinya, menjadi garda terdepan dalam memberikan pengabdian, untuk ikut serta menjaga dan mewujudkan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), agar kondusif di lingkungannya secara profesional.

Komandan Koramil-08/Giriwoyo, Kapten (Cba) Budi Waluyo, menyatakan, kegiatan pelatihan yang diberikan, bersifat sebagai penyegaran peran Linmas. Ini dilakukan secara bertahap dan berlanjut, meliputi pembekalan dasar PBB, sistem pengamanan lingkungan, prosedur penanganan tindak kejahatan, serta latihan tentang kepedulian sosial kemasyarakatan di tingkat desa.

Tugas Linmas, tandas Kapten (Cba) Budi Waluyo, disamping melaksanakan perlindungan masyarakat, juga mempunyai peran penting dalam rangka penanggulangan dan penanganan bencana alam. Seperti penanganan musibah kebakaran, bencana banjir, maupun membantu permasalahan warga.

Itu dilakukan, dalam upaya membantu aparat pemerintah di desanya, yang berkaitan erat dengan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Disamping tugas pokoknya, menjaga dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat yang ada di desa.
Bambang Pur