blank
TANDA TANGAN - Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki membubuhkan tanda tangan pada lembaran Deklarasi Pemilu Damai, diikuti unsur Forkopimda yang lain dan pimpinan partai politik di Kabupaten Batang. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama unsur partai politik menggelar deklarasi untuk memantapkan komitmen dalam menjaga kondusivitas wilayah selama gelaran pesta demokrasi Pilpres 2024 mendatang. Seluruh unsur Forkopimda bersama perwakilan partai politik membubuhkan tanda tangan, sebagai wujud komitmen, agar pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan damai.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memastikan, seluruh elemen masyarakat Batang ikut berpartisipasi untuk menjaga pelaksanaan pemilu berjalan secara tertib. “Tidak ada insiden apa pun, sehingga pemilu berjalan lancar dan sukses,” katanya, di Pendapa Kabupaten Batang, Senin (20/11/2023).

Selama gelaran pesta demokrasi baik Pilkada hingga Pilpres, Batang selalu kondusif. Namun Lani tidak menampik, saat kampanye seringkali muncul insiden kecil, kendati tidak begitu berpengaruh terhadap kondusivitas wilayah.

“Terkait Alat Peraga Kampanye (APK), diharapkan tiap Parpol memasang secara rapi di tempat yang telah ditentukan. Agar masyarakat dapat memahami pesan dengan mudah,” tegasnya.

Dari sisi pengamanan jalannya pemilu, TNI/Polri telah bersinergi untuk menjaga kondusivitas wilayah. Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun memastikan, selama beberapa waktu lalu, Polres bersama Kodim telah menjalin kemitraan dengan menggelar latihan gabungan dan intens melakukan patroli.

“Sebanyak 463 personel Polres Batang akan diterjunkan dalam Operasi Mantap Brata dan akan dibantu oleh personel dari Polda dan Kodam. Di tingkat lokal, kami juga menerjunkan Bhabinkamtibmas bersama Polisi RW, yang disinergikan dengan Babinsa, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menegaskan, seluruh personel Kodim akan disiagakan apabila dibutuhkan untuk membantu menjaga kenyamanan masyarakat selama jalannya pemilu. “Jumlah personel yang akan diterjunkan sebanyak 350 personel. Nantinya akan kami terjunkan 10 personel di tiap Polsek,” ujar dia.

Nur Muktiadi