Bangunan menyerupai kapal untuk menampung PKL menambah keindahan Alun-alun Kebumen.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen kini tengah merenovasi  Alun-alun  menjadi ruang terbuka bagi publik yang ramah anak dan disabilitas.

Bahkan  Alun-alun Kebumen juga menjadi pusat kota dan pusat kegiatan masyarakat sehingga semua warga bisa mengakses. Alun-alun sebagai ruang publik juga memiliki konsep yang mudah diakses semua orang, termasuk untuk anak dan disabilitas.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen Yanie Giat Setyawan mengungkapkan,  Alun-alun Kebumen kini sudah mempunyai guiding block untuk memberikan fasilitas yang membantu para penyandang disabilitas. Fasilitas tersebut penting bagi para difabel tuna netra karena kebutuhan mereka berbeda dengan orang normal.

“Ada beberapa bagian struktur yang kita pindahkan untuk mempermudah akses baik dari segi keamanan dan kenyamanan terkhusus untuk kaum disabiltas,”terang  Yanie Giat, Senin (20/11).

Renovasi kawasan Alun-alun Kebumen diperkirakan selesai akhir November ini.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Menurut dia, pembangunan Alun-alun yang dibiayai dengan anggaran Rp 9.814.525.000 itu memiliki tiga kantong parkir untuk kendaraan, baik roda dua maupun roda empat di area dalam Alun-alun.

“Kantong parkir semua kendaraan nanti dimasukan ke dalam. Bagian barat, timur dan selatan Alun-alun. Jadi harapannya seputaran Alun-alun steril dari kendaraan,” ucap Yani Giat.

Kepala Disdikpora itu menjelaskan, renovasi Alun-alun Kebumen yang diberi nama Alun-alun Pancasila telah memperhatikan faktor keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat.

“Jangan sampai dengan adanya renovasi tersebut masyarakat malah menjadi terganggu dalam beraktivitas seperti biasanya,”jelasnya.

Untuk sistem saluran drainase di kasasan Alun-alun Kebumen masih menggunakan drainase lama. Karena masih memenuhi syarat dan dalam kondisi baik sehingga untuk tahun ini hanya dilakukan normalisasi.

“Kemarin sempat tergenang air karena masih masa pengerjaan, untuk normalisasi belum selesai semua. Kemungkinan kemarin sempat tersumbat karena saluran tertutup material pembangunan,”tuturnya.

Pihaknya menargetkan, renovasi Alun-alun Kebumen selesai tanggal 30 November 2023. Tampilan baru Alun-alun Pancasila itu nanti akan menjadi lokasi wisata kota, tempat santai serta sebagai sarana olah raga bagi warga.

Komper Wardopo