blank
Warga desa Medalem Kecamatan Kradenan melakukan gropyokan tikus di sawah pertanian desa Medalem. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Saat ini ketahanan pangan menjadi hal yang penting, yang sering ditekankan oleh Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu kepolisian bersama sama petani mengadakan penanggulangan hama yakni gropyok Tikus di sawah desa Medalem, Jumat, (17/11/2023).

Kepala Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Ninik Juarti mengatakan bahwa untuk pengendalian hama tikus dengan kearifan lokal dipelopori oleh Pemdes Medalem.

“Warga Medalem ramai-ramai melakukan gropyokan tikus, kita bayar per ekor Rp 1.000,” kata Lurah Medalem.

Pada kesempatan itu, Kaur Bin Ops (KBO) Satbinmas Polres Blora, Ipda Sugiyanto, menyampaikan bahwa

Maraknya hama tikus sawah di wilayah desa Medalem Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Jawa Tengah membuat Polres Blora bersama petani melakukan gropyokan tikus atau berburu tikus pada Jumat, 17 November 2023.

“Gropyokan tikus dilakukan dengan cara manual, yaitu menggali lubang tikus dan ditangkap dengan tangan untuk dimusnahkan,” jelas Ipda Sugiyanto.

“Ini salah satu upaya Polres Blora dalam hal ini bersama anggota Polsek Kradenan untuk mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan, dengan bersinergi ikut memberantas hama tikus yang menjadi musuh alam,” tandas Ipda Sugiyanto.

Untuk diketahui, selama penggrebekan (gropyokan) tikus di sawah desa Medalem sekitar dua jam memperoleh 2000 ekor tikus, dan petani Medalem berusaha kegiatan ini akan terus berlanjut setiap pagi hingga tikus benar – benar habis.

Kudnadi Saputro