blank
Mizan Sya'roni, Wakil Sekretaris LP Ma'arif NU Jepara Buka acara Workshop

JEPARA (SUARABARU) – Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jepara terus mengembangkan mutu pendidikan. Kali ini LP Ma’arif Jepara menggandeng UPGRIS Semarang menggelar Pelatihan Artificial Intelligence ( AI) bagi guru-guru Bahasa Inggris anggota KKMTs 02 Jepara.

Kegiatan pelatihan AI yang digelar di aula 2 LP Ma’arif Jepara Sabtu  (18 /11 – 2023) ini  menghadirkan tiga  narasumber dari UPGRIS Semarang,  yaitu Dr. AB. Prabowo KA S. Pd., M. Hum., Sri Wahyuni, S. Pd., dan Nugroho Dwi Saputro, S. Kom., M. Kom.

blank
Tim UPGRIS Semarang Narasumber Pelatihan Artificial Intelligence

Mizan Sya’roni, Wakil Sekretaris LP Ma’arif NU Jepara saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu realisasi dari kerjasama antara LP Ma’arif Jepara dengan UPGRIS Semarang.

” Kerjasama antara LP Ma’arif Jepara dengan UPGRIS telah berlangsung lama. Sebelumnya UPGRIS telah memberikan pelatihan Inovasi Pembelajaran bagi Guru Mapel Penjasorkes. Ke depan  beberapa pelatihan untuk peningkatan mutu pendidikan akan ditingkatkan. Hari ini yang mendapat pelatihan pertama AI adalah Mapel Bahasa Inggris dan akan diteruskan dengan Mapel-mapel lain, ” tutur Mizan yang juga Wakil Sekretaris KKMTs 02 Jepara.

blank
Peserta Workshop Pelatihan Artificial Intelligence Mapel Bahasa Inggris

Mizan juga berpesan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan serius agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. ” Era digital telah memberi ruang inovasi dan kreasi yang seluas-luasnya bagi guru untuk menggunakan aplikasi yang paling tepat dan cocok bagi pembelajaran. Jangan sampai guru ketinggalan informasi dalam meng-update media pembelajaran,” pesannya.

Sementara itu Dr. AB Prabowo mewakili Tim UPGRIS Semarang mengatakan bahwa guru harus mengikuti perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara khusus ia menyinggung tentang manfaat AI dalam pembelajaran.

” Artificial Intelligence (AI) dapat membantu guru meningkatkan mutu pembelajaran, seperti penyusunan soal, modul ajar, dan pembelajaran itu sendiri.” tegasnya.

Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia. Tujuannya adalah meniru aktivitas kognitif manusia seperti belajar, penalaran, pengambilan keputusan, dan koreksi diri.

Hadepe – Sub