Wakapolres Klaten Kompol Tri Wakhyuni sedang menyerahkan bantuan pada acara gelar baksos Bhayangkara di wilayah Kecamatan Bayat (dok/ ResKlt)

KLATEN (SUARABARU.ID) –Kepolisian Resor (Polres) Klaten bersama komunitas motor trail setempat menggelar bakti sosial (baksos) Bhayangkara dipimpin Kapolres AKBP Warsono SH SIK MH dengan sasaran tempat ibadah dan relawan desa.

Kegiatan berupa penyerahan bantuan bernilai total Rp 102,5 juta yang didapat dari kegiatan Trabas Bhayangkara dibagikan kepada masyarakat di 35 titik di wilayah Kecamatan Bayat.

“Hari ini kami, Polres Klaten bersama komunitas trail membagikan bantuan hasil  kegiatan Trabas Baksos Bhayangkara. Bantuan kita bagikan di 32 masjid, satu gereja dan relawan ambulance.” ungkap Kapolres Klaten AKBP Warsono SH SIK MH, Rabu (15/11).

Kapolres AKBP Warsono SH SIK MH menjelaskan,  masing-masing tempat ibadah mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,5 juta. Sedangkan untuk relawan ambulance gratis Rp 5 juta tiap unit kendaraan. Untuk bantuan ke relawan, kami berikan kepada Relawan Desa Krakitan yang mempunyai satu unit ambulance. Juga kepada  Paguyuban Peduli Desa Jalan Curug Indah KM 01 Bayat Klaten yang mempunyai tiga unit armada ambulans.

Terkait Trabas Baksos Bhayangkara digelar  29 Oktober 2023 dilaksankn dalam rangka silaturahmi kepada komunitas trail. Sekaligus upaya cooling system menciptakan situasi kamtibmas yang sejuk dan kondusif dalam pemilu serentak 2024.

“Harapannya dengan adanya cooling system ini tidak terjadi polarisasi di masyarakat dalam hal pemilu. Masyarakat diajak untuk selalu guyub rukun,” terangnya.

Sementara itu perwakilan Komunitas Trail Klaten, Janta Jibril menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas kerjasama Polres Klaten dengan komunitas trail yang diwakili. Menurutnya kegiatan Trabas Baksos Bhayangkara selain untuk hobi juga sebagai ajang membantu sesama.

“Alhamdulillah. Sangat senang sekali bisa berkolaborasi dengan Polres Klaten. Mungkin dengan jalan inilah kami bisa membantu Masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Sugeng dari Paguyuban Peduli Desa Jalan Curug Indah KM 01 Bayat Klaten sebagai salah satu penerima bantuan mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan Trabas Baksos Bhayangkara.

Dikatakan, bantuan dinilai sangat bermanfaat membantu operasional tiga ambulance gratis yang dikelola komunitas. Dituturkan, setidaknya butuh Rp 6 juta setiap bulannya untuk operasional setiap unit ambulans gratis.

“Kami dari perwakilan komunitas Peduli Desa mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Polres Klaten dalam kegiatan Trabas Baksos Bhayangkara kemarin. Semoga menjadi amal kebaikan untuk Polres Klaten dan jajarannya”, ungkap Sugeng.

Bagus Adji