Pembinaan dan pelatihan oleh petugas dari Polres Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID)  Tim Pasukan Khusus (PASSUS)  dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMPN 5 Jepara telah  mengikuti pelatihan dan pembinaan dari Polres Jepara. Pelatihan yang berlangsung pada Kamis (16/11-2023) ini dihadiri oleh Iptu Sucipto, Brigadir Firdaus, dan Brigadir Septyanita.

Menurut Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani para siswa SMPN 5 Jepara di tergolong  luar biasa, dalam mengamankan jalur sekolah, dan ikut serta dalam membantu Polres Jepara, khususnya membantu dalam menyeberangkan temannya

Selain itu, Lisna Handayani mengungkapkan, bahwa SMPN 5 Jepara, adalah satu satunya sekolah yang tim PKS nya sudah beroperasi di jalan.

Penyampaian materi oleh Iptu Sucipto

Tujuan diadakannya pelatihan dan pembinaan ini adalah, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan sekaligus menjadikan teladan bagi para siswa yang lain. “Karena usianya belum memenuhi syarat, kalian boleh naik motor, tapi jangan ditempat umum,” ujar Iptu Sucipto saat memberikan motivasi pada para siswa.

Iptu  Sucipto juga  menjelaskan keperluan saat berkendara, kelengkapan pada kendaraan, dan administrasi personal dan kendaraan.

Sementara Brigadir Septyanita dan Brigadir Firdaus menjelaskan tentang dampak dan larangan  knalpot brong, perilaku penyimpangan, faktor penyebab laka lantas, dan dampak dari laka lantas.

Kemudian adalah game, yang dipandu oleh Brigadir Septyanita, yang dapat menjawab mendapatkan oleh-oleh dari Polres. Hadiah didapat  Mirda

Setelah itu, dilanjutkan dengan materi gerakan 12 dasar lalu lintas, yang setelah itu dipraktikan dilapangan SMPN 5 Jepara.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama para pelatih dari Polres  Jepara, Kesiswaan SMPN 5 Jepara, dan Pelatih Passus/PKS SMPN 5 Jepara

Hadepe – Farid Azka- Mirda