Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Dandim Letkol (Inf) Deny Octavianto (deret depan kesatu dan kedua dari kanan) bersama jajaran Forkompimda, memimpin gerakan penghijauan di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melakukan gerakan penghijauan di objek wisata Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Tepatnya di Pantai Sendang Asri, bibir barat perairan Waduk Gajahmungkur, yang menjadi pusat wisata tirta di Kabupaten Wonogiri.

Bibit penghijauan yang ditanam di bibir barat perairan waduk yang legendaris tersebut, terdiri atas aneka macam tanaman produktif jenis buah-buahan. Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, gerakan penghijauan ini dilakukan Rabu (15/11), dalam program Polri lestarikan negeri.

”Dilaksanakan melalui sinergitas bersama Kemenko PMK, untuk tujuan melestarikan lingkungan sejak dini,” jelas Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo.

Penanaman ratusan pohon penghijauan, termasuk bibit tanaman buah tersebut, dilakukan dalam rangka gerakan penanaman sejuta pohon oleh Polri dengan Kemenko PMK. Yang itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

”Ini merupakan wujud nyata dalam rangka membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan,” tegas Kapolres sebagaimana disampaikan oleh Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo.

Kapolres Wonogiri berharap, gerakan penghijauan ini, dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan daerah hijau. Yang tujuannya, selain untuk mewujudkan daerah resapan air dan pelindung ekosistem, juga menjadi paru paru dunia.

Semoga penanaman bibit pohon penghijauan ini, semakin mewujudkan wilayah yang asri, nyaman dan lestari. Termasuk untuk tujuan mengantisipasi dampak negatif perubahan iklim.

Kegiatan ini, juga menjadi ajang kolaborasi positif antara kepolisian dan pemerintah dalam upaya pelestarian alam. Yang memberikan dampak positif dalam ikut serta menjaga kelestarian lingkungan. Juga demi menciptakan kesadaran masyarakat, tentang arti pentingnya menjaga ekosistem lingkungan.
Bambang Pur