blank
Stan FTP USM diserbu pengunjung. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) ambil bagian dalam memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia dengan tema ”Promosi Pangan Lokal Snak Bergizi (Pisang Legi) Festival Pendamping Beras Kota Semarang Menuju Daulat Pangan” di Jalan Bunderan Simpanglima Semarang pada 12 November 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Semarang itu diikuti 297 peserta dari berbagai perguruan tinggi, SMK, kecamatan, puskesmas, hotel, dinas.

Dekan Wakil FTP USM, Ir Dewi Larasati MSi mengatakan, tujuan keikutsertaan dalam kegiatan tersebut adalah memperkenalkan produk FTP yang bernama sego jantan (sego jagung instan), sego jantan goreng, nugget tahu dan nugget tempe.

Menurutnya, tak cuma sebagai makanan pokok, nasi jagung juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Nasi jagung lebih kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Nasi jagung juga menjadi alternatif sehat untuk diet dan penderita diabetes.

”Manfaat sego jagung untuk kesehatan antara lain, memberikan energi bagi tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, mengontrol kadar gula darah, memelihara kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, mencegah pembentukan batu ginjal, meningkatkan kesehatan jantung dan menyokong fungsi otak,” katanya.

Stan FTP USM diserbu pengunjung yang sedang car free day (CFD) di sepanjang jalan Singpanglima. Mereka tertarik dengan produk yang dibuat oleh para dosen FTP.

”Rasanya enak banget. Ternyata sego Jagung memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Masyarakat masih belum banyak yang tahu manfaatnya,” kata salah satu pengunjung, Solikhah.

Muhaimin