Melepas burung merpati menandai peringatan Hari Guru dan Hari PGRI tingkat Kecamatan Mertoyudan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Ratusan guru di wilayah Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, memperingati Hari Guru, pagi ini (Sabtu 11 November 2023).

Guru dari satuan pendidikan TK, SD, SMP serta SMA se-Kecamatan Mertoyudan melakukan upacara sederhana di Lapangan Danurejo, dihadiri Camat Pujo Istiharto, Danramil Kapten Arm Mashudi Pitoyo, Kapolsek AKP Winadi, serta pejabat di jajaran Dinas Pendidikan.

Camat Mertoyudan, Pujo Istiharto, dalam kesempatan itu menyatakan bangga atas kekompakan guru di wilayah itu. Menurutnya, dia bisa berdiri di panggung acara itu merupakan sebuah kehormatan. “Kami bisa jadi seperti ini berkat peran guru. Tanpa jasa guru, saya tidak bisa seperti ini,” katanya.

Selebihnya dia mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan Hari PGRI yang jatuh 25 November mendatang. Menurut dia jumlahnya ribuan tenaga pendidik. “Maka harus solid dan kompak. Semoga semakin profesional, berintegritas dan makin maju dalam meningkatkan pendidikan kita,” harapnya.

Ratusan guru di Mertoyudan melakukan jalan santai, hari ini. Foto: eko

Ketua PGRI Kecamatan Mertoyudan, Umi Muhtatimah, dalam kesempatan itu menuturkan, untuk menyambut Hari Guru dan Hari PGRI, anggota PGRI baik dari sekolah TK, SD, SMP, SMA, se- Metoyudan mengadakan beberapa kegiatan. Berbagai lomba dilaksanakan tanggal 2, 3, 4 November. Jenis lombanya Bola Voli, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, dan Menyanyi Tunggal. “Hari ini puncak acaranya jalan santai,” katanya.

Tidak semua kecamatan melaksanakan kegiatan. Karena petunjuk teknisnya sangat mendesak. “Alhamdulillah PGRI Kecamatan Mertoyudan bisa melaksanakan berbagai kegiatan,” tuturnya.

Dijelaskan pula, pada 25 November mendatang semua guru se-kabupaten akan melakukan upacara di Lapangan drh Soepardi, Sawitan, Mungkid. Sambutan dia diakhiri dengan yel-yel tentang: hidup guru, hidup PGRI dan solidaritas.

Eko Priyono