blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat memimpin upacara di Hari Pahlawan, 10 November 2023. Foto : Protkopim Kabupaten Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dalam rangka Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2023, Pemkab Grobogan menggelar kegiatan upacara yang berlangsung di halaman Setda Kabupaten Grobogan, Jumat, 10 November 2023.

Bupati Grobogan Sri Sumarni memimpin langsung upacara dengan tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

Upacara Hari Pahlawan ini diikuti oleh jajaran OPD dan Forkopimda Kabupaten Grobogan dan karyawan Setda Kabupaten Grobogan.

Alat Peraga dan Ajakan Kampanye Dilarang di Grobogan, Bawaslu Segera Lakukan Penertiban

Dalam amanatnya, Sri Sumarni menjelaskan, semangat para pahlawan dahulu harus menjadi contoh bagi masyarakat kita ke depan. Bambu runcing bisa memerangi dan mengusir para penjajah.

Dengan semangat pahlawan tersebut, Sri Sumarni meminta agar semua generasi penerus bangsa bisa memerangi kemiskinan dan kebodohan, sesuai dengan tema pada Hari Pahlawan 2023 ini.

“Orang yang menonjol adalah pahlawan, karena keberanian dan pengorbanannya untuk membela bangsa dan telah mengajarkan kepada kita tentang keberanian dan membela tanah air,” ujar Sri Sumarni.

Di momen Hari Pahlawan ini, Sri Sumarni meminta agar bisa menjadi cara memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan saling menghargai satu sama lain.

“Setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan dan kita patut merenungkan dengan sunggih-sungguh guna menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara yang merdeka. Untuk itu, Hari Pahlawan ini kita pergunakan agar persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat dan tingkatkan rasa menghargai satu sama lain,” ujar Sri Sumarni.

Bupati Sri Sumarni Kukuhkan 449 Polisi RW yang Mengampu 1.759 RW di Grobogan

Usai upacara, jajaran Forkopimda dan OPD Kabupaten Grobogan melakukan kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti, Kota Purwodadi.

blank
Bupati Grobogan, Sri Sumarni melakukan tabur bunga di atas pusara makam pahlawan TMP Kusuma Bakti Purwodadi. Foto : Protkopim Setda Grobogan.

Di TMP Kusuma Bakti, Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama jajaran Forkopimda dan OPD yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut memanjatkan doa untuk para pahlawan sekaligus memberikan penghormatan dengan menabur bunga di atas pusara para pahlawan.

Kegiatan ziarah ke TMP Kusuma Bakti Ini dipimpin langsung oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan. Usai mengheningkan cipta, Bupati Grobogan didampingi Kapolres dan Dandim 0717 Grobogan melakukan tabur bunga.

Tya Wiedya.