Sekretaris LHKP PWM Jateng, Wahidin Hasan (kanan), saat memberikan keterangannya kepada sejumlah awak media, tentang persiapan Rakerwil LHKP yang berlangsung Jumat-Sabtu (10-11/11/2023), di Hotel Neo, Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Wahidin Hasan mengatakan, pihaknya siap mengawal isu politik kebangsaan.

Menurut dia, hal ini perlu dilakukan, guna memainkan peran penting dan strategis, agar dapat menerjemahkan keputusan-keputusan organisasi, guna mengawal perjalanan demokrasi di Indonesia, menuju demokrasi yang berkemajuan untuk kesejahteraan umat.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menggelar press conference di Kantor PWM Jateng, Jalan Singosari, Semarang, Kamis (9/11/2023). Kegiatan itu digelar, jelang pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) LHKP, yang dijadwalkan berlangsung di Hotel Neo, Semarang, Jumat-Sabtu (10-11/11/2023).

BACA JUGA: Pemkab Kudus Sosialisasikan Aturan Perundangan Cukai ke Babinsa dan Babinkamtibmas

”LHKP PWM Jateng melalui Rakerwil nanti, akan mengagendakan pembahasan tentang pendampingan dan pengawalan CalegMu (Calon Legislatif Muhammadiyah-red), di semua dapil se-Jateng, pada kontestasi Pemilu 14 Februari 2024 mendatang,” kata Wahidin dalam keterangannya kepada sejumlah awak media.

Ditambahkan dia, dalam Rakerwil LHKP nanti, juga digagas menjadi forum untuk mengonsolidasikan organisasi dalam merespon isu politik kebangsaan, terutama Pemilu 2024 dan isu kebijakan publik.

Terkait juga dengan masalah Sumber Daya Alam (SDA), dan masalah publik lainnya, termasuk upaya mendiaspora dan mentransformasikan para kader bangsa, di blantika panggung demokrasi Indonesia.

BACA JUGA: Persatuan Perangkat Desa Indonesia Harus Bisa Memberikan Manfaat kepada Pembangunan Desa

”Tema yang kami ambil di Rakerwil LHKP kali ini, ‘Transformasi dan Diaspora Kader Bangsa Menuju Sukses Pemilu 2024 dan Masa Depan Jawa Tengah Berkeadaban’. Dengan tema itu, kami berharap terjalin silaturahim antarpengurus LHKP se-Jateng,” imbuh dia.

Dijadwalkan, Rakerwil akan dihadiri sekitar 140 peserta, dari unsur Ketua PDM se-Jateng, yang membidangi LHKP, Ketua dan Sekretaris LHKP PDM se-Jateng, Ortom Tingkat Wilayah IPM, PWA, PWNA, PWPM, DPD IMM dan Unit Pembantu Pimpinan.

Akan hadir juga, para caleg dari kader Muhammadiyah, yang ikut dalam pencalegan di tingkat provinsi di 13 Dapil se-Jateng lintas partai, serta caleg DPR RI.

Dari LHKP PP Muhammadiyah akan hadir Dr Phil Ridho Al-Hamdi SFil I MA, Prof Dr Zaenuddin Maliki MSi dan Dr Edy Wuryanto SKp MKep, Prof Dr Zakiyuddin Baedhawy MAg. Ketua Muhammadiyah Jateng, Dr KH Tafsir MAg, dijadwalkan akan membuka secara resmi acara Rakerwil LHKP.

Riyan