blank
Seorang warga binaan Lapas Semarang tengah membersihkan salah satu ruang kerja warga binaan. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bukan hanya blok hunian yang menjadi target kebersihan di lingkungan Lapas, namun kebersihan seluruh ruang kerja di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang juga jadi perhatian Kalapas Semarang.

Hal itu diungkapkan Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Usman Madjid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Kalapas, kebersihan Lapas harus benar-benar dijaga. Mulai dari blok hunian hingga seluruh tempat kerja di dalam Lapas harus bersih dan rapi agar tidak terkesan angker.

BACA JUGA: Bidang Giatja Lapas Semarang Lakukan Minutes Meeting

Usman mengaku terus mendorong dan mengingatkan jajarannya agar selalu hidup sehat dengan meningkatkan kebersihan dan menjaga kerapian Lapas dimulai dari hunian warga binaan hingga lingkungan kerja.

Baru-baru ini, jajaran pada kegiatan kerja (Giatja) Lapas Semarang melaksanakan bersih-bersih di lingkungannya. Mereka bersama para warga binaan melakukan bersih-bersih di semua unit kerjanya.

Kepala Bidang (Kabid) Giatja, Bahrun mengatakan, sesuai instruksi Kalapas, pihaknya akan meningkatkan kebersihan dan kerapian di semua unit kerja.

“Kita harus menanamkan sifat memiliki dan peduli terhadap lingkungan kerja kita. Kami juga mengimbau pada para pekerja (warga binaan) untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, baik di blok hunian maupun tempat kerja,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kembangkan Skill Menjahit, WBP Lapas Semarang Ikuti Pelatihan Pembuatan Boneka

“Di unit kerja memang seringkali terdapat limbah, sisa dari kegiatan kerja para warga binaan seperti sisa kain, sisa kayu dan lainnya. Namun selama ini kami tetap mengupayakan agar limbah-limbah tersebut langsung dibersihkan,” terang Bahrun.

“Jangan sampai limbah tersebut menumpuk, karena bisa mendatangkan penyakit ataupun menjadi sarang hewan (hewan pengerat) yang berpotensi menjadi penyumbang penyebab gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib),” tambahnya.

Sebagai langkah preventif, pihaknya selalu melakukan kegiatan bersih-bersih bersama warga binaan di seluruh unit kerja guna meningkatkan situasi lingkungan kerja yang kondusif dan sehat.

Ning S