blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri), menyerahkan sekaligus tiga program pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan hidup bagi warga masyarakat Desa Kledung, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat di Desa Kledung, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jatim, sekarang merasa ‘gemuyu’ (riang ria). Betapa tidak, tinggal putar kran di dalam rumah, air langsung mengucur.

Suparwan, salah seorang warga Desa Kledung, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Mulai saat ini, bersama keluarganya tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, pria paruh baya tersebut¬† tak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkan air tapi cukup putar kran di dalam rumah air sudah mengalir. ”Alhamdulilah, sekarang keluarga kami senang, mudah mendapatkan air bersih, tinggal putar kran sudah mak cuurr airnya,” tuturnya gembira.

Keluarga Suparwan, adalah salah satu dari penerima manfaat bantuan air minum melalui pemasangan kran Sambungan Rumah (SR). Ini berkat adanya program Penyediaan Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, total penerima manfaat dari program Pamsimas tersebut didanai dari APBN. Bermanfaat untuk pemenuhan air bersih sebanyak 73 keluarga, semuanya Warga Masyarakat Desa Kledung.

Sehat Sejahtera

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir langsung dalam acara serah terima program Pamsimas tersebut, merasa senang karena satu persatu persoalan warna telah mendapatkan sulosinya. Utamanya pencukupan kebutuhan air bersih, yang sekarang sudah terjawab. Mas Aji (pangilan akrab Bupati Pacitan), berharap, program tersebut bermanfaat bagi masyarakat yang menjadikan semakin sehat dan sejahtera.

”Insya Allah, beberapa program telah dan akan terus diupayakan pemerintah,” tandas Bupati. Baik oleh Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Provinsi (Pemprov) serta Pemerintah Pusat. Untuk itu, tambah Bupati, mari kita terus bersatu dan nyawiji¬†(bersama-sama), mudah-mudahan masyarakat sedaya sae (semua baik), sejahtera dan bahagia.

Selain program Pamsimas, Bupati juga menyerahkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 51 unit dan program HMP bantuan sanitasi pemasangan bilik WC sebanyak 95 unit. Semua untuk warga Desa Kledung Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.

Suhadi, salah seorang warga penerima manfaat, menyatakan, dengan adanya bantuan bilik WC, masyarakat tidak lagi kemana-mana bila BAB (Buang Air Besar).
Bambang Pur