Jajaran Polres Wonogiri, menggelar apel malam dalam upaya mewujudkan Harkamtibmas dan menjaga kondusivitas menjelang Pemilu 2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), Polres Wonogiri menyiagakan jajaran anggotanya senantiasa siaga di luar jam dinas. Tujuannya, untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menyatakan, Pemilu merupakan momen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui pesta demokrasi nasional ini, masyarakat memiliki hak untuk memilih pemimpinnya. Untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan lancar, dibutuhkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dalam rangka Harkamtibmas menjelang Pemilu 2024, jajaran Polres Wonogiri telah meningkatkan patroli dan pengamanan di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. Seperti di Kantor KPU dan Kantor Bawaslu, Kantor-kantor Partai Politik (Parpol), dan tempat keramaian publik.

Bersamaan itu, juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti dengan TNI, Satpol-PP dan instansi pemerintah lainnya.
Juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga Kamtibmas. Bersama itu, setiap malamnya juga menyiagakan anggota sebanyak 30 personel, gabungan dari berbagai fungsi.

Anggota tersebut, secara rutin melaksanakan patroli pada jam-jam rawan, terutama malam hari di saat masyarakat sedang berisitirahat. Sasaran patroli ke berbagai titik, baik di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas maupun ke tempat-tempat umum dan objek vital.

Kepada masyarakat, diimbau untuk dapat ikut memberikan peran aktif dalam mendukung terciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Tujuannya, agar pelaksanaan semua tahapan Pemilu serentak 2024 dapar berjalan aman, tertib dan lancar.

Masyarakat juga diseru untuk untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu Kamtibmas. Peduli melaporkan kepada pihak yang berwajib, jika melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan Kamtibmas. Juga diimbau untuk menjaga sikap toleransi dan saling menghormati antarsesama.
Bambang Pur