blank
Perhutani Mantingan menerima penghargaan dari BPS Jateng dalam survei sub sektor Kehutanan 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

REMBANG (SUARABARU.ID) —  Perum Perhutani KPH Mantingan meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah dari survei Pertanian bidang sub Sektor Kehutanan.

Penyerahan penghargaan disampaikan akhir Bulan Oktober 2023 di Haris Hotel & Conventions Solo Kota Surakarta. Kepala BPS Semarang Dr. Dadang Hardiwan S.Si. Msi mengatakan bahwa setiap tahunnya BPS selalu mengadakan survei pertanian kepada semua perusahaan baik BUMN, BUMD maupun perusahaan Swasta.

“Kebetulan kemarin  kami menyelenggarakan kegiatan Work shop dari tanggal 23 sampai dengan  26 Oktober 2023 di haris hotel & Conventions Solo jalan slamet Riyadi No. 464 laweyan Surakarta,” jelas Dadang Hardiwan.

Tujuan survei ini, lanjut Dadang Hardiwan, pertama adalah untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat serta dapat memperoleh gambaran yang jelastentang struktur pertanian di Indonesia.

Yang kedua mendapatkan kerangka sempel yang dapat dijadikan landasan pengambilan sempel untuk survei-survei pertanian rutin.

“Sedangkan yang ke tiga untuk memperoleh informasi tentang populkasi rumah tangga pertanian, rumah tangga petani gurem, luas tanaman pangan, jumlah pohon dan ternak, distribusi penguasaan lahan menurut golongan luas dan sebagainya,” ungkap Dadang Hardiwan dihadapan peserta workshop.

Sensus dapat digunakan sebagai data dasar untuk memperbaiki perkiraan produksi tanaman pangan, hortikutura, perkebunan, kehutanan, peternakan danbn perikanan, termasuk juga dalam populasi pohon atau ternak yang diperoleh dari survei-survei pertanian rutin.

“Sekaligus penyampaian hasil survei terbaik dari masing-masing lembaga pemerintah, pengusaha maupun Corporate BUMN dan BUMD,” imbuhDadang.

Kegiatan ditutup sekaligus penyampaian hasil survei terbaik dari masing-masing lembaga pemerintah, pengusaha maupun Corporate BUMN dan BUMD.

Kepada awak media, Administrator KPH Mantingan Ir H. Marsaid menyampaikan bahwa  kegiatan workshop diikuti oleh 350 peserta , 100 orang dari ASN BPS pusat, Kepala BPS se-Provinsi Jawa Tengah dan dan pegawai BPS serta 250 orang pengusaha peternakan, perikanan, dan kehutanan se-Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, Perhutani Mantingan bisa meraih penghargaan dari BPS Jawa Tengah dalam Survei Sub Sektor Kehutanan tahun 2023,” ucap Administrator KPH Mantingan. Jumat, (3/11/2023).

Kudnadi Saputro