Narapidana lansia tengah mengikuti pemeriksaan dalam kegiatan Posyandu Lansia Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam meningkatkan kualitas kesehatan para narapidana yang sudah lanjut usia (Lansia), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang gandeng Puskesmas Ngaliyan gelar Posyandu Lansia, Jumat (3/11/2023).

Posyandu Lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada warga binaan (narapidana) yang sebagian besar adalah kelompok usia lanjut. Posyandu lansia ini rutin dilaksanakan sebulan sekali pada minggu pertama.

Sebelum mengikuti pemeriksaan kesehatan, para napi lansia mengikuti senam poco-poco yang dipimpin tim kesehatan Klinik Pratama Lapas Semarang. Ada 37 orang napi lansia yang mengikuti Posyandu Lansia kali ini.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Usman Madjid mengatakan, kegiatan Posyandu Lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada warga binaan kelompok usia lanjut.

“Dengan melibatkan peran Puskesmas Ngaliyan akan mempererat sinergi dalam hal kemanusiaan, yaitu mendorong dan memfasilitasi warga binaan lansia untuk tetap aktif, produktif, dan mandiri, serta meningkatkan komunikasi diantara warga binaan lanjut usia,” jelas Usman.

Kegiatan Posyandu Lansia ini mencakup pemeriksaan berat badan, suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah sewaktu. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyuluhan tentang kebutuhan gizi bagi kesehatan tubuh warga binaan lansia oleh tim Puskesmas Ngaliyan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat khususnya Lapas, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia,” imbuh Usman.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jumat pada awal bulan ini berlangsung di aula kunjungan Lapas Semarang. Usai mengikuti pemeriksaan, narapidana lansia juga mendapat makanan tambahan.

Ning S