Dosen Pembimbing Tim PkM mahasiswa Ilkom USM, Ami Saptiyono,S.I.Kom.,M.I.Kom menyerahkan plakat kenang-kenangan kepada Kepala SMK Mataram, Eri Setiawan. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengbadian kepada Masyarakat (PkM) mahasiswa Program Studi S1-Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan sosialisasi pengembangan media sosial dengan tema ”Pengenalan Multimedia dan Public Relations Guna Mengembangkan Kreativitas Anak Muda dalam Bermedia Sosial” di SMK Mataram, Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM terdiri atas Ketua Muhammad Syukron, anggota Adjie Dyta, Dyan Bagas, Erik Wisnu, Luthfi Malika, Dika Setiawan, Naufal Zain, Rafi Humam, dan Alfin Syafiq.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Dzaqy Aqmal Mahardhika dan Dosen Ilmu Komunikasi USM, Tika Ristia Djaya, S.I.Kom.,M.I.Kom.

”Fokus utama dari pengabdian masyarakat ini adalah mengenalkan fotografi dan videografi untuk membekali peserta dengan pengetahuan serta keterampilan guna mendorong kreativitas sekaligus produktivitas di era digital. Selain itu juga tentang public relation, agar para siswa SMK Mataram dapat membangun hubungan dengan pihak eksternal,” kata Ketua Kelompok, Muhammad Syukron.

Menurutnya, kegiatan pengabdian tersebut dapat memberikan kesempatan bagi Siswa SMK Mataram dalam berinteraksi dengan pihak eksternal seperti perusahaan, lembaga pendidikan, atau organisasi masyarakat yang akan dapat membantu siswa membangun jaringan dan hubungan bermanfaat untuk karir serta pengembangan pribadi di masa depan.

Sementara itu, Dosen Pembimbing, Ami Saptiyono,S.I.Kom.,M.I.Kom mengatakan, generasi muda harus kreatif dan inovatif dengan mengoptimalkan belajar dalam menjalin interaksi serta koneksi sehingga mampu membuat peluang di masa depan.

”Anak muda harus kreatif dan inovatif, karena generasi muda adalah penerus generasi sebelumnya. Maka selagi muda, harus dioptimalkan dalam belajarnya. Belajar menjalin interaksi dan koneksi sehingga mampu membuat peluang-peluang untuk masa depannya. Semoga kedepannya, pengabdian ini bisa continue atau berkelanjutan agar mampu menumbuhkan motivasi dan menambah skill kepada generasi muda,” ujarnya.

Kepala SMK Mataram, Eri Setiawan mengapresiasi tim Pkm mahasiswa USM yang telah melakukan sosialisasi. Dia berharap, ke depan dapat dilaksanakan kembali kegiatan serupa.

”Saya berterima kasih kepada Tim PkM mahasiswa USM karena adanya kegiatan ini dapat membimbing siswa-siswi untuk memahami materi yang telah diberikan oleh kedua narasumber. Saya berharap, ke depan bisa melakukan kegiatan seperti ini lagi di SMK Mataram Semarang,” tandasnya.

Muhaimin