blank
Bripka Achmad Nur Kholik, S.H., Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora diluar jam dinas sebagai polisi, bersama warga sekitar  bercocok tanam pada lahan tadah hujan, menanam cabe merah keriting. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Bripka Achmad Nur Kholik, S.H., anggota Polres Blora Polda Jawa Tengah yang bertugas di Polsek Blora sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora tak pernah menyangka, usaha sambilan saat tidak bertugas (di luar jam dinas sebagai polisi) bisa menghasilkan uang jutaan rupiah, dengan bercocok tanam pada lahan tadah hujan.

Anggota polsek Blora Bripka Achmad Nur Kholik, seorang sosok polisi yang peduli dalam dunia pertanian dengan memanfaatkan waktu luang di luar kesibukan dinas sehari-hari sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman.

Bripka Achmad mengolah lahan tadah hujan atau lahan kurang produktif ditanami tanaman palawija khususnya cabai merah keriting.

“Saat ini tanam cabe merah keriting kurang lebih sekitar 8.000 pohon pada area lahan sekitar 5.000 meterpersegi, dan umur tanaman cabe merah keriting sudah 76 hari setelah tanam,” tuturnya.

Buahnya (cabenya) kini sudah mulai kemerah-merahan. “Alhamdulillah buahnya lebat, tinggal menunggu masa panen, satu mingguan mungkin sudah bisa dipetik,” ujar Bripka Achmad Nur Kholik.

Bripka Achmad Nur Kholik, mengaku, waktu luang di luar jam dinas digunakan untuk bercocok tanam menanam palawija khususnya cabai merah keriting, sehingga menambah penghasilan keluarga guna biaya pendidikan anak-anak.

“Ini selain bermanfaat menambah penghasilan untuk keluarga, untuk biaya sekolah anak-anak, juga bisa membuka lapangan pekerjaan warga sekitar untuk bekerja di lahan pertanian kami, sehingga perekonomian masyarakat juga ikut terbantu,” ucap Bripka Achmad Nur Kholik.

Dari usaha sambilan ini Bripka Achmad Nur Kholik, berharap rekan-rekan polisi yang lain bisa meniru kegiatan yang bermanfaat ini.

“Kemarin ada rekan-rekan dari anggota polsek yang melihat langsung tanaman cabai merah keriting kami, semoga rekan-rekan yang lain tertarik dalam bidang pertanian juga,” tandas Bripka Achmad Nur Kholik.

Sementara itu, Kapolsek Blora, AKP Rustam, SH., MH menyampaikan bahwa peran Bhabinkamtibmas sangat penting dalam membina warganya guna mendukung dan mewujudkan program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan nasional, sekaligus bisa menjadi seorang petani, Selasa, (31/10/2023).

“Jadi kehadiran Bhabinkamtibmas selain untuk memotivasi petani untuk lebih giat dalam bertani,  sekaligus ikut membantu warga agar terus semangat dalam bercocok tanam, sehingga diharapkan hasil panen bisa melimpah guna mendukung ketahanan pangan nasional,” tandas AKP Rustam.

Kudnadi Saputro