Bhabinkamtibmas Desa Karang Polsek Bogorejo Polres  Bripka Alif Yoananda, SH sambangi Watini warga desa Karang kecamatan Bogorejo di kawasan persawahan. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Bhabinkamtibmas Desa Karang Kepolisian Sektor (Polsek) Bogorejo Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Alif Yoananda, SH menyambangi warga binaan di wilayah desa Karang kecamatan Bogorejo hingga di kawasan persawahan, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dalam sambang tersebut, Bripka Alif Yoananda  menyampaikan imbauan kepada warga terkait kamtibmas. Salah satu imbauan yang ditekankan adalah tentang waspada terhadap kebakaran di musim kemarau panjang.

“Kita sambangi warga binaan yang ada di sawah juga, kita ingatkan agar waspada terhadap bahaya kebakaran. Sebelum berangkat ke sawah kita ingatkan agar kompor jangan lupa dimatikan, dan peralatan listrik,” ucap Bhabinkamtibmas Alif Yoananda.

Kemudian tak kalah penting, Bripka Alif Yoananda juga berpesan agar warga yang memelihara hewan ternak seperti sapi dan kambing untuk hati – hati saat membuat bediang  (perapian dari sekam) untuk mengusir nyamuk di kandang.

“Awasi saat membuat bediang. Jika mau ditinggalkan silahkan dimatikan. Karena jika api menjalar bisa menimbulkan kebakaran apalagi sebagian besar rumah warga terbuat dari kayu, ” ungkap Bripka Alif Yoananda.

Sementara itu, Kapolsek Bogorejo Polres Blora AKP Budi Yuwono mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Alif Yoananda sudah tepat, dan ini merupakan salah satu atensi dari Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, untuk mengantisipasi maraknya kebakaran di musim kemarau di wilayah Kabupaten Blora.

“Sesuai atensi bapak Kapolres, kita berdayakan Bhabinkamtibmas untuk aktif sambang ke wilayah binaan guna sampaikan imbauan kamtibmas. Salah satunya adalah untuk waspada bahaya kebakaran,” tandas Kapolsek Bogorejo.

Pada kesempatan itu, warga desa Karang Kecamatan Bogorejo, Watini menyampaikan terima kasih kepada petugas kepolisian yang telah datang di desanya, warga disini senang kalau ada pencerahan dan penjelasan untuk kebaikan lingkungan.

“Pak polisi selalu mengingatkan kepada warga, sebelum pergi ke ladang harap hati – hati dan waspada tentang bahaya kebakaran,” ujar Watini sambil siram tanamannya.

Kudnadi Saputro