Suryani Rosita Siregar foto bersama Dekan FEB dan para penguji. Foto: Dok/UKSW

Dikatakan, saat ini GKPA menggiatkan kewirausahaan sosial dalam program diakonia dengan memberi bantuan dana pendidikan dan pemberdayaan jemaat melalui pelatihan pertanian dan peternakan. Kewirausahaan sosial dipandang sebagai terobosan baru terhadap masalah sosial dalam berbagai bidang.

Hal ini dilakukan melalui program diakonia gereja dengan menerapkan manajemen sumber daya manusia untuk melakukan pengembangan ekonomi jemaat. “Dengan demikian, gereja mentransformasi jemaat dengan kewirausahaan sosial sebagai model bisnis bernilai sosial dan ekonomi,” terang wanita yang mengawali pendidikannya di Laguboti Toba Samosir ini.

Menurutnya, usaha gereja dan pemberdayaan jemaat merupakan wujud kewirausahaan sosial gereja yang berdampak baik pada bidang sosial ekonomi bagi gereja dan jemaat. Selain itu, gereja juga dapat menjadi pelaku kewirausahaan sosial dan melahirkan jemaat wirausahawan sosial dengan mengembangkan model kewirausahaan sosial dalam bingkai diakonia transformatif.

Perjuangan yang panjang

Menyambut bahagia gelar doktor yang disandang Suryani, Prof. Christantius Dwiatmadja mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraihnya. Diungkapkannya, perjalanan mencapai jenjang doktoral adalah perjuangan yang panjang.

Disertasi yang telah dihasilkan, lanjutnya, merupakan proses panjang yang menopang keberhasilan tersebut. “Semoga temuan-temuan dalam penelitian yang dilakukan dapat diterapkan untuk melayani jemaat Tuhan dan masyarakat luas lebih baik,” imbuh professor departemen manajemen FEB ini.

Sementara itu, Dr. Yefta Andi mengucapkan syukur dapat menyaksikan Suryani yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik. “Hari ini kita patut berbahagia atas pencapaian salah satu rekan kita dapat menyelesaikan proses pendidikan doktoralnya,” ujar Yefta.

Dekan FEB tersebut berharap disertasi yang telah dihasilkan Suryani dapat menjadi pencerahan dalam berbagai bidang. Selanjutnya, gereja dapat mengupayakan kewirausahaan sosial yang dapat mengangkat ekonomi masyarakat.

Ning S