Kepala Satuan International Office Universitas Semarang, Faisal Yusuf, B.A., M.M., M.B.A. menghadiri Seminar Internasional tentang Kerja Sama dan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Upacara Pengukuhan International Transnational Education Association (ITEA) di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Bantul-Yogyakarta pada 26 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Kepala Satuan International Office Universitas Semarang, Faisal Yusuf, B.A., M.M., M.B.A. menghadiri Seminar Internasional tentang Kerja Sama dan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Upacara Pengukuhan International Transnational Education Association (ITEA) di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Bantul-Yogyakarta pada 26 Oktober 2023.

Seminar ini beriringan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai lembaga untuk mendukung inisiatif internasionalisasi dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Faisal, program-program ITEA selaras dengan misi internasionalisasi Universitas Semarang yang digencarkan oleh Satuan International Office (SIO).

”Intinya program – program dari ITEA sudah selaras dengan program internasionalisasi USM yang tengah digencarkan oleh SIO. Peningkatan kolaborasi dengan pihak-pihak luar negeri harus ditingkatkan untuk meningkatkan mutu kualitas mahasiswa, dosen dan universitas,” katanya.

Dia mengatakan, ITEA yang berpusat di Kuala Lumpur akan bekerja sama dengan USM menjembatani kolaborasi dalam berbagai bidang seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, magang di luar negeri, join riset, pengabdian internasional dosen dan mahasiswa dan lain-lain.

”Salah satu hal yang diperkirakan akan menjadi tren adalah pembelajaran bahasa mandarin karena banyaknya minat pelajar dari Tiongkok untuk datang belajar di Indonesia dan mahasiswa Indonesia yang ingin ke Tiongkok. Hal ini akan membuka peluang program studi khusus untuk bahasa (bahasa Mandarin, Inggris dan Indonesia),” ungkapnya.

Muhaimin