Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyaksikan Ketua PWI setempat Ondo Supriyanto menandatangani deklarasi mendukug Pemilu damai, Kamis 26/10.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menjelang penyelenggaraan pesta demokrasi 2024, sejumlah wartawan media cetak, media on line dan elektronik deklarasi mendukung Pemilu damai dan menghasilkan pemimpin yang terbaik.

Para awak media di Kabupaten Kebumen pun siap menjaga situasi yang kondusif  serta kesejukan Kamtibmas melalui pemberitaan tahapan pemilu hingga usai secara berimbang, profesional dan mengutamakan fakta yangmembangun optimisme serta menghindari hoaks atau berita bohong.

Deklarasi ikut menjaga dan mendulung Pemiu damai di hadapan Kapolres Kebumen dilakukan oleh sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen, Kamis (26/10) di sebuah rumah makan di Jalan Lingkar Selatan.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin kegiatan sekaligus silaturahmi dengan para wartawan mengungkapkan, deklarasi Pemilu damai sebagai bentuk saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai demokrasi.

Para wartawan PWI Kebumen bersama Kapolres AKBP Burhanuddin, usai deklarasi Pemilu damai. (Foto:SB/Humas Polres Kbm)

Menurut Kapolres, dalam mewujudkan Pemilu damai dan bermartabat, media sangat erat kaitannya sebagai fungsi kontrol pembangunan dan colling system di setiap situasi.

“Dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, kami Polres Kebumen tentu tidak bisa sendiri. Karena rekan-rekan awak media sebagai sarana fungsi kontrol. Selasa lalu pimpinan Ormas juga telah melakukan deklarasi Pemilu damai,”jelas AKBP Burhanuddin didampingi PJU Polres Kebumen serta Kasi Humas AKP Heru Sanyoto .

Pemberitaan yang Berimbang

Kapolres berharap, para awak media lebih peka dalam menerima informasi. Dirinya percaya, wartawan bisa menyajikan informasi terkait tahapan dan penyelenggaraan Pemilu 2023 secara berimbang dan jauh dari informasi hoaks.

“Adanya deklarasi ini bentuk komitmen para awak media di Kebumen siap mengawal Kebumen melalui pemberitaan yang menyejukkan,”tandas Kapolres.

Menjawab pertanyaan wartawan antispasi terhadap peserta dan pemilih Pemilu 2024 mayoritas berusia muda, Kapolres menyatakan pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi seperti menggelar silaturahmi dengan pimpinan ormas serta media, juga sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat, termasuk pelajar dan kaum muda.

Pihaknya menyiapkan sekitar 800 personel Polres Kebumen ditopang oleh Kodim 0709 dan dari Linmas Pemkab guna mengamankan rangkaian Pemilu 2024.”Kami akui Pemilu 2024 ini waktunya panjang dan butuh konsentrasi  serta stamina sehingga kami perlu dukungan semua pihak,”tegas Kapolres.

Ketua PWI Kabupaten Kebumen Ondo Supriyanto menyatakan, melalui deklarasi yang dilakukan, ke depan awak media bisa lebih menjadi “penjernih” dan sekaligus penyaiing informasi yang beredar di masyarakat.

Menurut Supriyanto, awak media harus meselalau menaati Kode Etik Jurnalistik, menulsi cara berimbang  serta  mengolah informasi secara profesional  untuk selanjutnya menyajikan berita yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami percaya teman  wartawan Kebumen utamanya yang tergabungt di PWI tetap menjaga proses jurnalistik yang bermartabat, berimbang dan mematuhi Kode Etik Jurnalistik,”jelas Supriyanto.

Silaturahmi dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto, dilanjutkan foto bersama Kapolres dan wartawan serta makan siang.

Komper Wardopo