Sebanyak 21 orang Kepala Desa (Kades) baru hasil Pilkades serentak 2023 di Kabupaten Pacitan, Jatim, menjalani pembekalan khusus.(Dok.Prokopim Pacitan)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Pacitan, sebanyak 21 Kepala Desa (Kades) baru langsung mendapatkan pembekalan khusus. Pembekalan dilakukan setelah mereka selesai menjalani pelantikan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pembekalan bagi para Kades baru dilaksanakan mulai Rabu (25/10). Berlangsung selama 3 hari. Tujuannya, agar mereka dalam menjalankan roda pemerintahan desa, dapat berjalan dengan baik. Supaya ada kesamaan visi dan pemahaman terhadap tata pemerintahan, yakni antara Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa.

Terkait ini, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, hadir langsung membuka acara pembekalan, dan sekaligus memberikan arahan kepada peserta. Menurut Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), Kades baru diharapkan memiliki sinergi dan kerjasama serta kolaborasi, dengan pemerintah kabupaten. Sehingga tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

Yang utama, tandas Bupati, Kades dalam menjalankan tugas fungsinya harus sesuai regulasi. Selanjutnya, Pemeirntahan Desa dan Pemda, harus bisa bersinergi. ”Karena sejatinya, yang kita perhatikan dan mendapat dampak paling besar, itu sama yakni masyarakat Pacitan,” ungkap Mas Aji.

Lebih lanjut Mas Aji minta para Kades untuk menggali potensi wilayahnya, demi membangun kesejahteraan masyarakat. Bisa potensi di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata dan lain sebagainya.

Materi pembekalan yang diberikan, diantaranya tentang sistem Pemerintahan Desa, kewenangan desa, kepemimpinan, produk hukum desa, kelembagaan masyarakat desa dan lain-lain.
Bambang Pur