Humas DPRD Kabupaten Sleman DIY, Elfiana (ketiga dari kiri) menerima cenderamata dari Wakil Ketua DPRD Wonogiri, Sugeng Achmadi yang didampingi Wakil Ketua Siti Hardiyani (kedua dan kesatu dari kiri).(SB/Bambang Pur)

SLEMAN (SUARABARU.ID) – Jalinan kemitraan DPRD Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan awak media, diformat dengan menyertakan PAW. Apa itu PAW ? ”Peningkatan Anggaran Wartawan,” jelas Subardi.

Ketua Paguyuban Wartawan Kabupaten Sleman, Subardi, menyatakan hal itu saat menerima rombongan Pimpinan DPRD beserta insan pers Kabupaten Wonogiri, yang melakukan studi banding ke DPRD Kabupaten Sleman.

Agenda kunjungan Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri beserta wartawan ke Kabupaten Sleman, berlangsung Selasa (24/10), bertepatan dengan Peringatan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kemudian dilanjut ke DPRD Kabupaten Bantul Rabu (25/10), bertepatan dengan Peringatan Hari Opera Internasional.

Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Sugeng Achmadi dan Siti Hardiyani. Ikut serta para pimpinan komisi dan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan. Yakni Suyoto, Sunarno, Jati Waluyo, Ari Sumantri, Suparmo, Imron Rizkyarno, Sriyanto, Irwan Hari Purnomo, Mulyadi dan Nuryanto. Berikut Titik Sugiarti, Margono, Arum Subekti, Jarmono, Paryanti, Suprapto dan Sutoyo.

Ikut serta mendampingi, Sekretaris DPRD Gatot Siswoyo, Kabag Umum, Edhy Tri Hadiyanto dan Kabag Persidangan, Sunardi, beserta sejumlah staf.

Para wartawan yang ikut serta dalam studi banding Pimpinan DPRD Wonogiri tersebut, terdiri atas Bambang Pur, Khalid Yogi Putranto, Joko Santosa, Tulus PE, Wibantsu AS, Iwan AL, Aris Arianto, Tarmuji, Erlangga Bima Sakti, M Aris Munandar dan Hery DS.

Membutuhkan

Rombongan diterima oleh Pranata Humas DPRD Kabupaten Sleman, Elfiana, dan Ketua Paguyuban Wartawan Sleman, Subardi. ”Maaf, ini Bapak Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Sleman, tengah melakukan kunjungan kerja,” jelas Elfiana.

Dijelaskan, sejauh ini jalinan kemitraan DPRD dengan wartawan berjalan cukup baik. Diformat melalui kerjasama saling membutuhkan, dibangun dalam sinergitas berdasarkan nilai-nilai persahabatan.

Kata Elfiana, setiap berjumpa dengan wartawan, Bapak Ketua selalu bilang: ”Tulung diopeni, difasilitasi.” Agenda kunjungan kerja Pimpinan DPRD Sleman bersama wartawan, setahun dilakukan dua kali. ”Sekali ke luar Jawa dan sekali di dalam Pulau Jawa beda provinsi,” ujar Elfiana.

Keakraban awak media dengan anggota legislatif di Kabupaten Sleman, juga dijalin melalui pertandingan olahraga persahabatan. Yakni pingpong dan badminton. ”Kebetulan saya juga menjabat sebagai Pengurus KONI Kabupaten Sleman,” tutur Subardi.

Kata Subardi, para Anggota DPRD Kabupaten Sleman sebagai insan legislator, juga berkepentingan untuk senantiasa dapat eksis dalam publisitas peemberitaan di media massa. Di sisi lain, mereka juga berkepentingan dapat menaikkan PAD. ”Apa itu PAD ? Pendapatan Anggota Dewan !,” jelas Subardi.

Kunjungan ke Kabupaten Sleman diakhiri dengan penyampaian pantun oleh Wartawan Bambang Pur: ”Buah Blewah dari Sleman, dikasih gula manis rasanya. Bila salah mohon dimaafkan, terima kasih atas penerimaannya.”
Bambang Pur