blank
Serka (K) Ratri Widaningrum (kiri), Babinsa Wanita pertama yang bertugas di jajaran Kodim 0728/Wonogiri, tengah melakukan tugas Komsos ke rumah warga.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Serka (K) Ratri Widaningrum, menjadi Babinsa Wanita pertama yang bertugas di jajaran Kodim 0728/Wonogiri. Sebab, selama ini personel Babinsa selalu dipercayakan kepada pria.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Senin (23/10), menyatakan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD, biasanya dijabat seorang prajurit pria. Tapi seiring perjalanan waktu, sekarang Babinsa juga dipercayakan kepada prajurit dari jajaran Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

”Meski terbilang masih sangat jarang, atau bahkan ini yang baru pertamakalinya,” jelas Pelda Indra.┬áSerka (K) Ratri Widaningrum, kini dipercaya mengemban┬átugas sebagai personel Babinsa pertama di lingkungan Kodim 0728/Wonogiri. Sosok ‘Srikandi’ prajurit TNI AD ini, menjabat sebagai Babinsa Kelurahan Selopuro, Koramil-06 wilayah Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.

Sebagai seorang Babinsa, dirinya berupaya untuk tidak lepas dengan kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan di desa binaannya. Senin (23/10), dia mendatangi rumah Marsi dan Yatno di Lingkungan Pendem, Desa Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri.

Itu dilakukan, dalam upaya menjalin silaturahmi untuk mengembangkan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga masyarakat. Kegiatan Komsos, menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bagi seorang Babinsa.

Melalui kegiatan Komsos, dapat digali informasi, saran dan masukan dari masyarakat. Juga menjadi sarana silaturahmi, supaya lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan dengan warga binaannya, sebagai bagian dari upaya mewujudkan kedekatan demi menciptakan manunggalnya TNI dengan rakyat.
Bambang Pur