blank
Sebanyak 20 remaja dari pelajar jenjang pendidikan SLTA dan mahasiswa, berhasil menjadi finalis pemilihan Duta Genre Kabupaten Pacitan 2023.(Dok,Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Mengusung tema pencegahan stunting, Kabupaten Pacitan menggelar pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Tahun 2023. Bagian Prokpim Pemkab Pacitan, mengabarkan, ada 20 remaja berbakat, yang berhasil masuk grand final.

Para finalis, Sabtu (21/10), tampil adu gagasan dalam event Grand Final Duta Genre Kabupaten Pacitan 2023 yang digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan. Acara ini, dibuka oleh Bunda Genre Kabupaten Pacitan, Ny Efi Indrata Nur Bayuaji.

Ajang pemilihan remaja putra dan putri tersebut, dipersiapkan sebagai figur teladan serta motivator, yang berperan memberikan wawasan kepada generasi muda. Yakni wawasan di bidang kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi.

Penitia memilih sebanyak 10 besar secara berpasangan dari 20 finalis Duta Genre Kabupaten Pacitan. Mereka terdiri atas para pelajar dari jenjang SLTA dan mahasiswa. Sebelumnya, para finalis telah melalui beberapa tahap seleksi termasuk menjalani karantina selama 2 hari, untuk pembekalan sebagai Duta Genre.

Membacakan sambutan Bupati Pacitan, Bunda Genre Kabupaten Pacitan Efi Indrata Nur Bayuaji, menyatakan, remaja memiliki peran penting dalam upaya pencegahan stunting. Sebagai calon orang tua, remaja harus andil dalam persoalan tersebut. Sehingga, diharapkan prevalensi stunting bisa tercapai sesuai dengan target nasional 14 persen pada tahun 2024.

”Bukan hal yang mudah untuk menurunkan prevalensi stunting, namun apabila dilaksanakan secara bersama-sama, maka saya yakin Pacitan bisa untuk mencapai target tersebut,” tegas Ny Elfi.

Bunda Genre, Ny Elfi, berharap, ajang seperti ini hendaknya terus diadakan dan berkelanjutan, sehingga bisa memberikan dampak positif dan melahirkan remaja Pacitan yang sehat, cerdas dan ceria. Memiliki talenta, memiliki peluang prestasi, dan tentunya Pacitan harus bangga memiliki generasi muda yang luar biasa.
Bambang Pur