blank
Lepet jagung. Foto: Dok

LEPET jagung merupakan camilan khas Indonesia. Olahan jagung parut ini dibungkus menggunakan kulit jagung. Lepet jagung mempunyai citarasa gurih dan manis. Camilan ini dibungkus menggunakan kulit jagung sehingga bentuknya unik.

Camilan ini bergizi dan menyehatkan. Lepet jagung mengandung serat sehingga baik untuk pencernaan. Mengandung asam folat, vitamin B12, dan zat besi yang dapat mencegah anemia. Lepet jagung juga mengandung karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Lepet jagung merupakan camilan tradisional khas Gresik, Jawa Timur. Cara membuatnya juga tidak berbeda dengan pembuatan lepet ketan. Akan tetapi, bahan yang digunakan untuk membuat lepet jagung lebih banyak. Penasaran bagaimana cara membuat lepet jagung? Yuk simak.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lepet jagung antara lain: 4 buah jagung manis, 200 gram kelapa muda parut, 6 sdm gula pasir atau sesuai selera, 1 sdt garam, ┬╝ sdt vanili bubuk, 4 sdm maizena, 3 sdm tepung protein sedang, kulit jagung sebagai bungkus.

Cara membuat, langkah pertama sisir jagung hingga habis lalu haluskan dengan cara ulek kasar.

Kedua, tambahkan kelapa parut, gula, garam, vanili, maizena, dan tepung aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, ambil kulit jagung yang sudah dicuci bersih. Tuang adonan 3 sdm adonan lepet, kemudian gulung sambil dipadatkan.

Selanjutnya, masukkan lepet ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan kukus selama 15 menit.

Terakhir, kukus hingga matang. Jika sudah matang angkat dan sajikan. Selamat mencoba!

Aninda Eka Rahayu