Para pengurus JQH NU Jepara saat menggelar Khotmil Quran di Makam Mbah Jogo Laut.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Jelang Hari Santri Nasional (HSN) 2023 seluruh elemen Nahdlatul Ulama mempersiapkan diri untuk memperingati hari bersejarah yang jatuh pada 22 Oktober besok. Salah satunya adalah Pengurus Cabang Jam’iyyatul Qurra’ dan Huffadz (PC JQH) NU Jepara.

Persiapan HSN 2023.

JQH NU Jepara menggelar kegiatan khotmil Quran dan pembacaan shalawat Nariyah, pada Jumat (20/10/23) di makam salah satu wali Jepara yang berada di pantai Teluk Awur Tahunan, yakni Mbah Syeh Muhtarom atau yang dikenal dengan julukan “Mbah Jogo Laut”.

Menurut Pembina PC. JHQNU Jepara, Hudi S.H.I M.S.I, salah satu tujuan menggelar hataman Qur’an di makam Mbah Jogo Laut, selain mendoakan waliyullah Jepara tersebut juga berharap para santri akan mendapatkan berkah.

“Kita juga mendoakan para syahid, santri-santri yang turut berjuang merebut kemerdekaan bangsa Indonesia, juga harapan semoga para santri selalu dapat bimbingan oleh para Waliyullah”, kata Hudi.

Kegiatan khotmil Qur’an ini selain dihadiri oleh Pembina JHQNU, juga dihadiri para Pengurus Ranting NU Teluk Awur, Pengurus Makam dan masyarak sekitar.

Kegiatan khotmil Quran untuk memperingati hari santri ini juga akan diselenggarakan oleh beberapa PAC JQH NU pada Sabtu besok (21/10/23). Di antaranya PAC JQH NU Kedung yang bertempat di gedung MWC NU kedung dan di semua Ranting se-kecamatan kedung, PAC JQH NU Karimunjawa yang bertempat di masjid Baitul Muttaqin Karimunjawa.

Ada ada juga yang menyelenggarakan pada hari Minggu (22/10/23) di antaranya, PAC JQH NU Pakis Aji yang bertempat di Masjid Induk Istiqlal Desa Bulungan, PAC JQH NU Batealit dan Komisariat JQH NU PP Zilalul Qur’an yang bertempat di Ponpes Zilalul Qur’an yang pengasuhnya sebagai ketua PC JQH NU Jepara, yakni KH Hasyim Silah.

Hataman ini akan ditutup dengan tahlil dan doa khataman Al-Qur’an oleh PC JQH NU Jepara pada rangkain acara Resepsi peringatan hari santri yang diSelenggarakan oleh PC NU Jepara di Pendopo Kartini Kabupaten Jepara pada Minggu (22/10/23) pukul 19.30 Wib.

ua