Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan pendampingan kepada warga Pongangan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan komoditas lokal di Kelurahan Pongangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang pada 15 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan pendampingan kepada warga Pongangan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan komoditas lokal di Kelurahan Pongangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang pada 15 Oktober 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Teti Susilowati SE MM, anggota Muryanto Agus Nuswantoro STP MM dan Emy Susiatin SE MM.

Menurut Teti, tujuan kegiatan guna menumbuhkan semangat usaha mandiri dengan memanfaatkan komoditas lokal berupa olahan singkong. Pihaknya menyampaikan materi pentingnya berwirausaha, berbagai olahan komoditas lokal dari singkong, hingga pentingnya digital marketing di era sekarang.

“Kewirausahaan adalah aktivitas membangun usaha untuk menciptakan produk atau jasa baru dengan cara yang kreatif dan inovatif, sehingga produk atau jasa tersebut pun menarik perhatian orang lain. Ciri-ciri dari wirausahawan itu dapat meliputi kreatif, niat yang kuat, memiliki semangat yang tinggi, jiwa leadership yang bagus, serta komitmen yang tiggi,” ujarnya.

Dia mengatakan, tpis dan trik untuk memulai usaha yaitu menentukan jenis usaha, melakukan riset, membuat anggaran biaya, menyiapkan modal, menentukan waktu untuk memulai bisnis, menentukan perbedaan produk dengan produk yang lain, lalu membuat strategi promosi yang tepat.

Emy menambahkan, konsep dasar dari wirausaha meliputi kelincahan, tahan banting, kecepatan, kelenturan, dan kekuatan. Hal tersebut juga mempengaruhi tujuan dari kewirausahaan itu sendiri dalam meraih keuntungan, membuka lapangan kerja, serta memotivasi orang lain.

Hal senada diungkapkan Agus Nuswantoro. Menurutnya, marketing digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

”Pada awalnya dimulai melalui obrolan dari mulut ke mulut hingga pentingnya digital marketing pada era sekarang, contohnya menggunakan aplikasi “gobiz” untuk memudahkan dalam menjalankan usaha,” ungkapnya.

Muhaimin