ilustrasi dampak menggunakan bedak bayi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pernahkah kamu mendengar orang yang hanya memakai bedak bayi sebagai produk make up. Hal ini dilakukan karena agar tampak lebih natural dengan kulit lembut serta halus seperti milik kulit bayi. Namun, tahukah kamu jika bedak bayi tidak seharusnya digunakan di kulit orang dewasa, lho.

Bedak memang memberi manfaat bagi bayi supaya menjadi harum dan mungkin lebih nyaman. Namun, harus berhati-hati agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan ketika memberikan bedak secara tidak tepat.

Bedak bayi memiliki formulanya sendiri yang ditujukan untuk pemakain bayi. Magnesium carbonate dan zinc adalah beberapa contoh kandungan dalam bedak bayi yang berfungsi untuk menyerap keringat bayi dengan maksimal, dan mencegah biang keringat.

Baca Juga:Tips agar Terhindar Dampak Cuaca Panas saat di Luar Ruangan

Dilansir dari Suara.com, sesuai dengan klaimnya, bedak bayi diformulasikan untuk menyesuaikan kulit bayi. Tentunya, pemakaian bedak bayi untuk kulit orang dewasa tidak direkomendasikan, ya.

Pasalnya bisa berdampak negatif untuk kulit. Melansir dari laman Halodoc serta Yesdok, inilah beberapa dampak negatif dari pemakaian bedak bayi untuk kulit orang dewasa.

1. Muncul jerawat serta komedo

Bedak bayi memang diproduksi untuk menyesuaikan kulit bayi. Kandungan zinc serta magnesium carbonate memiliki fungsi menyerap keringat pada bayi. Jika digunakan untuk kulit orang dewasa maka bisa memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat maupun komedo.

Terutama bagi pemilik kulit berjerawat, perlu menghindari pemakaian bedak bayi. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan bedak yang cocok atau sesuai dengan tipe kulit kamu.

2. Menyumbat pori-pori

Bedak bayi memiliki partikel-partikel yang halus. Hal ini bisa menyebabkan partikel masuk ke dalam kulit yang bisa menyumbat pori wajah. Sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat.

3. Kulit menjadi kering

Pemakaian bedak bayi pada kulit orang dewasa bisa menyebabkan minyak alami pada wajah menjadi berkurang. Sehingga apabila dibiarkan bisa mempengaruhi produksi minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit. Dampaknya yang bisa terasa yakni kulit menjadi kering hingga muncul masalah lain seperti kulit menjadi kasar hingga sensitif.

4. Iritasi kulit

Bedak bayi memiliki kandungan yang bisa menyebabkan alergi. Seperti talk atau tepung jagung. Itulah sebabnya jika kamu pemilik kulit sensitif harus cermat dalam memilih produk kecantikan. Tidak menutup kemungkinan jika bahan tadi bisa menyebabkan kemerahan, muncul ruam hingga dermatitis kontak.

5. Munculnya bakteri

Umumnya kandungan utama yang terdapat pada bedak bayi adalah tepung jagung. Jika bedak bayi digunakan pada kulit bayi bisa menjaga kelembapan kulit. Namun berbeda cerita jika digunakan untuk orang dewasa. Hal tersebut bisa memicu kulit yang terlalu lembap hingga memicu pertumbuhan bakteri.

Itulah beberapa dampak negatif penggunaan bedak bayi untuk kulit orang dewasa. Sudah semestinya harus cermat dalam memilih produk yang memang diformulasikan untuk orang dewasa. Semoga bermanfaat.

Claudia