blank
Ditlantas Polda Jateng menggelar pelatihan pengamanan dan pengawalan dalam Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2023-2024 di Sirkuit Mijen, Kota Semarang. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ditlantas Polda Jateng menggelar pelatihan pengamanan dan pengawalan dalam Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2023-2024 di Sirkuit Mijen Kota Semarang, Kamis (19/10/2023).

Wadirlantas Polda Jateng, AKBP Rahman Wijaya selaku Kasatgas 3 Kamseltibcarlantas Operasi Mantap Brata menjelaskan, kegiatan ini untuk penyamaan persepsi saat pelaksanaan tugas di lapangan antara Satgas 2 (Preventif), Satgas 3 (Kamseltibcar), Satgas 4 (Tindak ), dan Satgas 7 (Banops) yang terlibat dalam satu rangkaian pengawalan obyek.

“Kita latihkan susunan rangkaian pengawalan baik dalam kondisi normal maupun insidentil apabila terjadi gangguan saat pelaksanaan tugas,” ujar Rahman.

Pihaknya menekankan kepada seluruh peserta pelatihan agar selalu memastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan yang prima baik personel maupun kendaraan.

Rahman mengatakan, pelatihan dan pengawalan ini merupakan wujud kesiapan personel dan soliditas saat latihan gabungan dengan fungsi kepolisian lainnya.

“Seperti yang diungkapkan Kapolda saat apel gelar OMB kemarin bahwa Polda Jateng siap memberikan pelayanan pengawalan kepada masyarakat dalam menjaga Harkamtibmas maupun Kamseltibcar lantas,” terangnya.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Satake Bayu Setianto menyatakan, Polri dalam hal ini Polda Jateng terus melakukan pembenahan dan anev guna kelancaran pelaksanaan Operasi Mantap Brata Candi 2023/2024.

“Kita terus lakukan evaluasi setiap saat dan terus pantau perkembangan situasi di lapangan dengan menggelar kegiatan preemtif maupun preventif, untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Jawa Tengah agar selalu kondusif,” tandas Satake.

Ning S