blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (berdiri kanan), menyampaikan sambutan pengarahan pada Latpraops mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu serentak 2024, Polres Wonogiri menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) dengan sandi ”Mantab Brata Candi 2023-2024.”

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, kegiatan Latpraops digelar Selasa (17/10), di Aula Sanika Satyawada Polres Wonogiri. Kegiatan ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah. Ikut hadir Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo, para Kasatgas, Kasubsatgas dan personil Polres Wonogiri yang terlibat dalam Operasi Mantab Brata Candi 2024.

Latpraops bertujuan untuk mempersiapkan personel Polri, dengan membekali pengetahuan dan keterampilan, agar dalam melaksanakan tugas mampu bertindak secara efektif dan efisien.

Kapolres, menjelaskan, Operasi Mantap Brata 2024 adalah bagian penting dari persiapan Polri untuk pengamanan Pemilu 2024. memastikan bahwa pemilu dilaksanakan dengan aman dan lancar. Polres Wonogiri, berupaya mengidentifikasi dan memitigasi potensi ancaman dan risiko keamanan. Hal ini dilakukan, sebagai persiapan menghadapi segala kemungkinan munculnya kerawanan dan cara mengantisipasi gangguan keamanan.

Dalam Latpraops tersebut, disampaikan paparan materi oleh Kabag Ops, Kasat Intel dan Kasat Reskrim. Yakni materi tentang perkuatan personil, Undang-Undang dan peraturan Pemilu, dan ancaman serta resiko keamanan. Juga disampaikan materi pengendalian massa dan manajemen ketertiban umum, pencegahan dan pendeteksian kejahatan, serta respon darurat.

Sementara itu di Jakarta, Humas Mabes Polri menyatakan, Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu 2024 akan berlangsung selama 222 hari. Dimulai Tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 mendatang, melibatkan total 261.695 personel di seluruh Tanah Air.
Bambang Pur