blank
Tanaman serai di Rumah Atsiri, Tawamgmangu, Karanganyar. Foto: Widiyartono R.

TANAMAN serai (Cymbopogon citratus) masuk dalam goloongan rumput-rumputan sangat dikenal oleh Masyarakat. Tanaman ini sering digunakan untuk campuran bumbu masakan.

Tetapi bukan itu saja, serai juga bisa disuling menjadi minyak serai. Tanaman ini juga sering digunakan untuk minuman.

Kandungan nutrisi serai antaranya adalah kalori, karbohidrat, protein, lemak, asam folat, vitamin B3, B6, B2, B1, A, C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, dan zinc.

Selain itu serai jg memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik,antipiretik, dan antioksidan.

blank
Serai juga bisa ditanam di pot, untuk hiasan di rumah yang bermanfaat. Foto: Dok SB

Serai menjadi campuran dalam minuman, seperti wedang uwuh yang berisi campuran aneka rempah. Serai juga bisa diminum laiknya minum the. Rutin minum teh serai menghasilkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Depresi

Serai memiliki sifat antidepresan yang bisa menurunkan berbagai macam gejala depresi seperti stres, cemas, hingga gangguan tidur atau insomnia.

Aroma dari serai dpt menenangkan&membantu relaksasi otot juga saraf sehingga tidur akan nyenyak&otak juga akan merasa lebih rileks.

Menurunkan Tekanan Darah

Sifat deuretik pada serai mampu membantu membuang kelebihan garam&air dlm tubuh melalui urine.

Menjaga Kadar Kolesterol

Serai mampu menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan.

Mengatasi Gigi Berlubang

Konsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut&gigi berlubang. Zat antimikroba pd serai diyakini efektif dlm melawan bakteri berbahaya seperti streptococcus mutans yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

Melawan Radikal Bebas

Serai mengandung antioksidan yang berperan dalam melawan racun&radikal bebas yang bisa masuk dlm tubuh manusia.

Membantu Sistem Pencernaan

Zat antimikroba yang terkandung didlm serai mampu membantu fungsi usus&pencernaan. Mengkonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri buruk&parasit yg menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi,diare,kelebihan gas dlm lambung.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yg membuat racun&zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat, yg nantinya bisa membantu proses penurunan berat badan.

Untuk Kesehatan Kulit

Serai dpt memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

Silakan mencba.

Hayatun Nufus Kamila-mg