Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat menyampaikan materi secara daring pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) di Saripan, Jepara, Jawa Tengah, Senin (16/10).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Nilai-nilai Pancasila terkait pelaksanaan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus menjadi kepedulian bersama dalam merealisasikannya.

“Dalam sila pada Pancasila sudah ditegaskan bahwa nilai-nilai keadilan sosial harus juga menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat secara daring pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) di Saripan, Jepara, Jawa Tengah, Senin (16/10/2023).

Sosialisasi Empat Pila bersama para penyandang disabilitas dan milenial di kawasan Jepara.

Hadir pada acara tersebut para penyandang disabilitas dan milenial di kawasan Jepara sebagai peserta. Hadir pada kesempatan itu Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat) dan Prio Hananto (Tenaga Ahli Anggota Komisi X DPR RI, Lestari Moerdijat) dan sejumlah relawan dari Sahabat Lestari.

Menurut Lestari, baik pemerintah mau pun masyarakat harus bersama-sama mewujdukan nilai-nilai luhur yang telah diwarisi oleh para pendiri bangsa Indonesia, seperti yang terkandung dalam Pancasila.

Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila Harus jadi kepedulian bersama.

Rerie, sapaan akrab Lestari mendorong agar setiap kita melakukan sesuai kapasitasnya masing-masing untuk mengamalkan setiap nilai-nilai Pancasila, termasuk keadilan sosial, dalam keseharian.

Menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, saat ini kita sebagai bangsa sangat membutuhkan acuan bersikap, di tengah munculnya berbagai tantangan di tingkat global.

Pancasila dan tiga konsensus kebangsaan lainnya seperti UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, merupakan sumber nilai-nilai yang tepat sebagai landasan bernegara dalam upaya menjawab berbagai tantangan yang ada.

Rerie sangat berharap setiap warga negara mampu menerapkan setiap nilai kebangsaan yang disepakati bersama dalam empat konsensus kebangsaan itu, dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian.

ua/nay