JEPARA (SUARABARU.ID) : Suasana bahagia memancar di wajah 33 wisudawan dan wisudawati Tahfidz Alquran dan Tahfidz Hadits di Pesantren modern Alburuj Jepara kemarin.

Acara wisuda dan Alburuj Awards 2023 yang banyak diisi penampilan santri membaca kitab kuning dan membaca tafsir Alquran ini berjalan dengan khidmat dan meriah.

Pengasuh Pesantren Alburuj Ustadz Abdul Baits Muchtar mengatakan bahwa semaraknya acara wisuda dan Alburuj Awards ini tidak lepas dari kehadiran Tim Penguji Penampilan Santri dari Para Sesepuh Jepara dan Tamu Kehormatan dari Damaskus Suriah Syekh DR Mahir Addimasqy, sebagai Tim Penguji santri Penghafal 400 Hadits beserta maknanya.

Dari total 33 santri yang diwisuda, 20 santri adalah penghafal 30 juz dengan kategori silver dan gold yang lancar murojaah. Sedangkan 13 lainnya menghafal di atas 15 juz dan di bawah 30 juz.

Wisuda Tahfidz ini adalah bonus bagi wali santri, karena Alburuj bukan pesantren Tahfidz Al-Quran, melainkan fokus di bidang Bahasa Arab dan Tahfidz Hadits”. Imbuh Ustadz Baits.

Pesantren yang setiap tahunnya mengirim kadernya untuk kuliah di Timur Tengah ini, beberapa bulan lalu puluhan santrinya yang kuliah di Sudan sempat dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia beserta sekitar seribuan mahasiswa Indonesia lainnya dikarenakan adanya perang saudara di Ibu kota Sudan, Khartoum, tempat mereka kuliah, sehingga mereka harus melanjutkan kuliahnya di beberapa universitas di Indonesia.