Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat membuka Momiky Baby Spa di Ngasinan Kramatan Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kabar gembira untuk para keluarga yang berada di Wonosobo, kini Momiky Baby Spa yang merupakan pusat layanan kesehatan untuk bayi, anak dan juga sang ibu telah membuka cabang ke 2 di Kampung Ngasinan, Kramatan, Wonosobo.

Setelah terlebih dahulu membuka di Sapuran beberapa tahun yang lalu, Momiky Baby Spa menggelar acara grand opening Momiky Baby Spa 2 pada Jumat, (14/10/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Kepala BKD Tri Antoro, investor Momiky Baby Spa ke 2 Inunk Hermawan, Owner Momiky Baby Spa Viki Lutviyani, tokoh masyarakat, sejumlah awak media dan tamu undangan.

Owner sekaligus founder Momiky Baby Spa, Viki Lutviyani menyampaikan, menjalani bisnis baby spa ini awalnya hanya untuk melakukan perawatan kepada anak sendiri, namun karena respon masyarakat cukup bagus sehingga ia memberanikan diri untuk melakukan pelayanan homecare atau ke rumah-rumah pelanggan.

“Saya seorang lulusan kebidanan, karena ingin melakukan perawatan baby spa kepada anak saya yang baru berusia 3 bulan waktu itu, kemudian saya ikut pelatihan baby spa,” katanya.

Tetapi, lanjut dia, melihat respon masyarakat bagus, dia membuka Momiky Baby Spa yang pertama di Sapuran dan alhamdulillah sekarang bisa membuka yang ke dua di Wonosobo bersama mbak Inunk Hermawan.

Menurutnya, banyak manfaat untuk anak apabila treatment baby spa dilakukan secara rutin. Tidak hanya menghilangkan rasa lelah pada bayi, tetapi juga dapat memperbaiki pencernaan, memperbaiki nafsu makan, hingga dapat mengoptimalkan berat badan, tinggi badan dan tumbuh kembang anak.

Cegah Stunting

Momiky Baby Spa yang membuka cabang di Ngasinan Kramatan Wonosobo didorong ikut membantu cegah kasus stunting. Foto : SB/Muharno Zarka

“Momiky Baby Spa juga memiliki pelayanan lainnya seperti terapi batuk pilek, terapi nafsu makan, terapi sentil jalan, terapi telat wicara, terapi biang keringat hingga terapi tumbuh kembang dan masih banyak lainnya,” bebernya.

Selain itu, lanjutnya, Momiky baby spa juga siap ikut membantu Pemkab Wonosobo khususnya dalam upaya menekan kasus angka stunting yang masih di angka sekitar 15 persen.

“Di Momiky ada stimulasi dan skrining tumbuh kembang gratis. Ini saya canangkan mengingat untuk mencegah stunting. Screening ini dilakukan dari awal dan kita pantau minimal 3 bulan sekali untuk dilakukan skrining lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhifayat saat meresmikan Momiky Baby Spa menyampaikan bahwa angka stunting di Wonosobo terus menurun.

Menurutnya angka stunting di Wonosobo pada tahun 2021 adalah 28,1 persen dan menjadi 22,7 persen pada 2022. Penurunan angka stuntingnya mencapai 5,4 persen dan bisa melampui penurunan nasional yang hanya 2,8 persen.

“Kemudian di awal tahun 2023 sudah kembali menurun menjadi 15, 97 persen dan kita targetkan di akhir tahun ini bisa menurun menjadi 14 persen seperti targey nasional,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kehadiran Momiky Baby Spa bisa membantu Pemkab Wonosobo dalam upaya menekan dan mencegah kasus stunting di daerah ini. Selain itu, kehadiran Momiky juga bisa ikut menambah lapangan pekerjaan di Wonosobo.

Muharno Zarka