Pengelola P2MW Universitas Slamet Riyadi  Surakarta bersama narasumber dan peserta  berfoto bersama pada acara Seminar Kewirausahaan dengan tema "Meraih Mimpi Menjadi Wirusaha Muda Mandiri".Foto: Dok/Unisri

SURAKARTA(SUARABARU.ID)- Pengelola Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta

menggelar Seminar Kewirausahaan yang diikuti 100 mahasiswa selaku peserta.

Kegiatan dengan tema “Meraih Mimpi Menjadi Wirusaha Muda Mandiri” dan menghadirkan narasumber kewirausahaan Dr. Ir. Suranto, ST., MM MSi. ILH. CHL, Alif Arna Danan Abdul Faathir, Maliyana Nur Wijayanti, SPd, MM , dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Joko Pramono, S.Sos.,M.Si. di kampus setempat, Kamis (12/10/2023).

Wakil Rektor Dr. Joko Pramono, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya mengatakan, kewirausahaan mahasiswa merupakan bidang sangat penting untuk ditangani agar tercapai salah satu indikator kenerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Yaitu menghasilkan lulusan yang mendapatkan pekerjaan layak. Melalui Kewirausahaan, mahasiswa disiapkan menjadi pencipta lapangan kerja, bukan sekedar pencari kerja, tandasnya.

Panitia penyelenggara Yani Asrie Widanti, S.TP., M.Gizi. menjelaskan, P2MW merupakan program Ditjen Belmawa Kemdikbudristek yang bertujuan melaksanakan pembinaan dan pendampingan  mahasiswa untuk melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang mandiri.

Pada tahun 2023, tiga kelompok mahasiswa wirausaha UNISRI yang memperoleh pendanaan P2MW, yaitu dua kelompok dari kategori jasa dan perdagangan dan satu kelompok dari kategori makanan dan minuman.

Tiga narasumber kewirausahaan yang dihadirkan yakni Praktisi dan Ahli Bidang Kewirausahaan UMS Dr. Ir. Suranto, ST., MM MSi. ILH. CHL, Owner Ampyang Jawa Alif Arna Danan Abdul Faathir dan Maliyana Nur Wijayanti, SPd, MM Owner PT. Maharany Sekar Solo.

Seminar dihadiri 100 mahasiswa terdiri dari penerima pendanaan P2MW 2023 dan penerima pendanaan PKM 2023. Juga  mahasiswa yang tergabung dalam UKM Kewirausahaan SMART, dan mahasiswa peserta kuliah Kewirausahaan, jelasnya.

Bagus Adji