blank
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) memberikan Pelatihan Internet Of Things (IOT) di Ruang Lab Komputer SMK Walisongo Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) memberikan Pelatihan Internet Of Things (IOT) di Ruang Lab Komputer SMK Walisongo Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM yang diketuai Surono SKom MKom itu beranggotakan, Dr April Firman Daru SKom MKom dan Whisnumurti Adhiwibowo ST MKom

Ketua Tim PkM, Surono SKom MKom mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sejumlah guru dan murid SMK Walisongo Semarang.

“Pelatihan ini sangat diperlukan agar para guru SMK Walisongo mendapatkan tambahan ilmu atau kompetensi di dalam IOT dan bagi murid ataupun mahasiswa sebagai tambahan pengetahuan serta tertarik menekuni tentang IOT serta siap bekerja pada saat lulus nantinya,” tuturnya.

“Kami juga memberikan tambahan kemampuan baru kepada para peserta dalam hal pengetahuan IOT khususnya menggunakan sensor pengukur kadar oksigen dalam darah dengan node red,” imbuhnya.

Menurutnya, metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Selain itu evaluasi kegiatan menggunakan kusioner berupa pretest dan postest.

“Pada forum diskusi dan tanya jawab, para peserta pelatihan sangat antusias menjawab pertanyaan yang terkait dengan IOT khususnya tentang sensor dan pengunaannya ,” ujarnya.

Dia berharap, pelatihan ini mampu meningkatkan kemapuan guru dan murid dalam membuat dan mempraktekan IOT dalam kehidupan sehari hari.

“Dengan penggunaan IoT yang lebih luas dalam pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, kami berharap para peserta menjadi agen perubahan yang aktif dalam mendorong teknologi untuk kebaikan masyarakat,” harapnya.

Muhaimin