Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Farikhah Elida

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperkuat spektrum promosi dan sosialisasi Hari Ikan Nasional ke 10 Tahun 2023 , Dinas Perikanan Kabupaten Jepara akan menyelenggarakan  Pencatatan  Rekor Muri Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak dengan target 500 pejabat. Sedangkan bumbu yang akan digunakan adalah resep khas Karimunjawa, Srepeh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Farikhah Elida kepada wartawan Kamis (12/10-2023) di ruang kerjanya terkait dengan agenda Gebyar Hari Ikan Nasional yang akan diselenggarakan oleh Pemkab Jepara pada tanggal 14-15 Oktober 2023 di Pantai Telukawur Jepara

“Disamping Forkopimda Jepara, acara  ini juga direncanakan  akan dihadiri Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan  Kementerian Kelautan dan Perikanan  serta Direktorat Persampahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ungkap Farikhah Elida.

Diharapkan melalui acara ini dapat menjadi momentum kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan Kabupaten Jepara dalam memanfaatkan sampah organik sisa makanan untuk dijadikan makanan ikan.

Acara Pencatatan Rekor MURI ini direncanakan akan digelar  hari Minggu (15/10-2023) di Pantai Telukawur,Kecamatan Tahunan Jepara mulai jam 06.30 Wib hingga jam 10.00 Wib “Disamping itu,  acara ini  juga dalam rangka mendukung rencana pengembangan  Desa Telukawur sebagai Desa Wisata Bahari serta sosialisasi gerakan Gemar Makan Ikan,” ujar Farikhah Elida.

Ia juga menjelaskan untuk pencatatan rekor MURI ini fihaknya mentargetkan Pencatatan Rekor MURI Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak akan diikuti oleh 500 pejabat mulai Forkopimda, para Kepala OPD bersama pejabat eselon III dan IV, kepala BUMD,, para camat hingga petinggi dan kepala kelurahan.

Menurut Farikhah Elida, untuk pencatatan rekor Muri ini disiapkan sekitar 6000 ekor ikan dengan berat kurang lebih 1 ton. Setiap peserta nantinya direncanakan akan membakar ikan laut, ikan nila, lele dan bandeng sebanyak 5 – 10  ekor.

“Setelah selesai  bakar ikan akan dilakukan makan bersama dengan lansia,  anak panti asuhan serta pengunjung pantai Telukawur,” terangnya.

Disamping itu mulai Sabtu siang hingga Minggu (14-15/10-2023), akan diselenggarakan pameran produk ikan olahan  dan bank sampah induk.

“Pemeran akan digelar  setelah pintu masuk utama pantai Teluikawur. Juga ada live musik The Kings ” ujarnya

Saat dilakukan acara Pencatatan  Rekor Muri Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak, pantai Telukawur masih terbuka untuk wisatawan. “Namun ada pengaturan terkait dengan tempat parkir. Kawasan pantai diharapkan steril dari kendaraan,” tuturnya

Durencanakan pada acara ini Pj Bupagi Jepara Edy Supriyanta  juga akan menyerahkan bantuan secara simbolis bantuan mesin perahu, jaring dan bantuan pada Kube nelayan.

Acara ini menurut Elida didukung sepenuhnya oleh pemerintahan desa, Bumdes serta para pedagang yang ada di Pantai Telukawur. Juga   sejumlah pendukung acara.

Hadepe