blank
Mahasiswa FBS UKSW, Kaleb Yuseli berhasil menjuarai lomba piano dalam ajang A Piano Concerto Series (APCs) Classical Festival 2023, di The Soehanna Hall Stage Jakarta. Foto: Dok/UKSW

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Kaleb Yuseli berhasil menjuarai lomba piano dalam ajang A Piano Concerto Series (APCs) Classical Festival 2023, di The Soehanna Hall Stage Jakarta, belum lama ini.

Dalam ajang lomba tersebut Kaleb Yuseli berhasil mendapatkan skor rata-rata 100 atau sempurna kategori Diamond-Youth B dari para juri, antara lain,  Dr. Christine Utomo, Iswargia R. Sudarno, M.Mus., Myra Karlina Pranajaya, M.Mus., Michelle Karika Bahari, M.Mus., dan Firdy Salim., M.Mus.

Menurut Firdy Salim, Kaleb bermain sangat terstruktur secara musikal. Kaleb juga memiliki kontrol yang patut diacungi jempol yang membuat permainannya elegan dan memungkinkannya memiliki kendali yang sangat baik. Permainannya bersifat artistik dan intelektual, serta memiliki gaya pribadi serta rencana yang sangat jelas untuk membimbing polonaise dari awal hingga akhir.

“Kaleb mendekati gerakan sonata dengan sensitivitas dan penahanan yang baik. Gaya Schubert ini sulit, karena membutuhkan suara yang transparan dan pedal yang lebih bersih, dan hal tersebut sulit dicapai,” tuturnya.

Sementara itu, Myra Karlina mengungkapkan, Kaleb memiliki keterampilan teknis yang sangat baik dan karakter polonaise yang kuat. Hal tersebut dibenarkan oleh Iswargia Sudarno, jika irama polonaise dari Kaleb jelas dan stylish.

“Bentuk keseluruhan jelas dan ekspresif, serta memiliki permainan akurat dan artikulasinya jernih,” ungkapnya.

Memajukan pendidikan musik

Sebelum mengikuti APCs Classical Festival 2023, Kaleb pernah beberapa kali mengikuti perlombaan piano. Salah satunya yaitu Kaleb meraih juara 1 tingkat Jawa Timur untuk Kategori F di The 3rd Jakarta Open Piano Competition Hybrid 2022 yang digelar oleh Opus Nusantara.

Saat disinggung mengenai kiat suksesnya meraih berbagai kejuaraan, Kaleb mengaku konsisten dalam latihan. “Selain konsisten, untuk menjadi juara juga harus tekun dan disiplin dalam latihan,” katanya saat ditemui pada Selasa (10/10/2023).

Dibalik kesuksesannya dalam berkarir di bidang musik, terselip kisah motivasi yang mendorongnya. Ada semangat yang kuat untuk membuktikan kepada orang tuanya bahwa dia bisa sukses lewat piano.

Kaleb mengatakan jika guru pianonya sangat memotivasi dia untuk terus bermain piano. Kaleb sendiri ingin lebih aktif lagi dalam mengikuti kompetisi piano sembari mempersiapkan diri sebelum mendaftar beasiswa.

Kaleb juga menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan studi pascasarjana (S2) di Amerika Serikat guna memajukan pendidikan musik di Indonesia. Semangat dan tekadnya dalam menggenggam impian di dunia musik dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk mengejar impian mereka.

Ning S