KH Baban Ahmad memberikan hadiah sebuah buku kepada Ganjar, yang berisi tentang amalan yang bisa membuat ketenangan batin. Foto: tmgp

TASIKMALAYA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2023, Ganjar Pranowo, bersilatutahmi ke Pondok Pesantren Suryalaya, yang ada di Desa Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (10/10/2023) malam. Di tempat itu, Ganjar mendapat banyak pelajaran tentang ilmu kehidupan, dan mendapatkan amalan ketenangan batin.

Tiba di lokasi, Ganjar langsung diantar menemui Pengasuh Ponpes, KH Baban Ahmad Jihad, di ruang tamu kediamannya. Kurang lebih 30 menit pertemuan dilakukan secara terbatas.

Selanjutnya, Ganjar melaksanakan ibadah Shalat Magrib di masjid komplek pesantren. Dalam silaturahmi kali ini, Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024 ini, berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom, ulama besar yang berjasa atas pejuangan Ponpes Suryalaya.

BACA JUGA: Kisah Pedang Bambu Zainal Musthafa yang Melegenda, Ini Ceritanya

KH Baban Ahmad memberikan hadiah sebuah buku kepada Ganjar, yang berisi tentang amalan yang bisa membuat ketenangan batin. Foto: tmgp

Kepada sejumlah awak media, Ganjar menyampaikan, kedatangnnya ke Ponpes Suryalaya ini, untuk menimba ilmu dan meminta wejangan kepada ulama.

”Tadi sempat bicara banyak hal. Tentang apa sih hidup, apa sih yang akan dikejar, wong seluruh tuntunan agama sudah ada kok. Maka segala sesuatu apalagi sifatnya dunia, Allah SWT sudah gariskan,” ujar Ganjar.

Menurutnya, Ponpes Suryalaya patut menjadi rujukan menimba ilmu. ”Di Suryalaya ini banyak orang yang datang. Artinya apa, banyak orang yang ingin bersilaturahmi dan bertanya. Alhamdulillah, kami mendapatkan banyak masukan yang positif,” ungkapnya.

Ganjar menambahkan, KH Baban Ahmad telah memberikan hadiah sebuah buku, yang berisi tentang amalan-amalan yang bisa membuat ketenangan batin. ”Iya, bukunya berisi tentang amalan-amalan ketenangan batin,” tandasnya.

Riyan