blank
Siswa SMPN 5 Purwodadi mendengarkan arahan dari Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Grobogan, Ipda Agus Salim. Foto: Satlantas Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sat Lantas Polres Grobogan melakukan sosialisasi dengan sasaran para siswa di tingkat TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs, Senin, 9 Oktober 2023.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, para personel Sat Lantas Polres Grobogan dari berbagai unit memberikan pemaparan tentang “stop bullying” dan “stop keluar rumah malam hari setelah pukul 21.00 ”.

Unit Kamsel Satlantas Grobogan memberikan sosialisasi tersebut ke RA Integral, SD Integral dan SMPN 5 Purwodadi. Para siswa RA Integral Purwodadi yang semula tenang, kaget ketika dua orang personel Polisi menggunakan seragam lengkap memasuki ruang kelas.

Kanit Kamsel Ipda Agus Salim, KBO Lantas Iptu Duddy Lukman Prabowo dan personel Kamsel, Aipda Anjar Andita Sakti memasuki ruang TK tersebut.

“Hallo adik-adik, tidak usah takut. Kami dari Sat Lantas Polres Grobogan datang untuk memberikan pengetahuan yang baik kepada kalian,” ujar Aipda Anjar.

Aipda Anjar langsung memberikan pemahaman tentang pentingnya menjalin hubungan yang baik antarteman dan menghindari permusuhan.

blank
Aipda Anjar berikan pemahaman pentingnya berteman daripada bermusuhan. Foto: Satlantas Grobogan

“Jangan pernah bermusuhan ya, Adik-Adik. Tetap mengutamakan kesetiakawanan, sayang sama teman, guru dan orang tua. Tetap belajar jadi anak yang baik dan jangan suka mengejek teman-temannya,” pesan Aipda Anjar.

Sosialisasi untuk Siswa SD

Sementara itu, Iptu Lukman Duddy Prabowo memberikan sosialisasi pencegahan perundungan kepada para siswa SD di SD Integral Purwodadi. Dalam sosialisasinya itu, Iptu Duddy Lukman Prabowo mengingatkan kepada para siswa untuk stop mengejek teman-temannya dengan kata-kata yang menyakitkan.

“Jangan pernah mengejek teman-teman kalian dengan kata-kata yang menyakitkan. Kata-kata yang melembutkan justru akan membuat kalian banyak teman daripada musuh,” nasihat Iptu Duddy Lukman Prabowo

Hal yang sama diungkapkan Kanit Kamsel, Ipda Agus Salim saat memberikan edukasi kepada para siswa SMPN 5 Purwodadi. Menurut Ipda Agus Salim, selain stop bullying, penerapan untuk tidak keluar malam setelah pukul 21.00 WIB juga dipaparkan kepada para siswa.

Menurut Ipda Agus Salim, pencegahan sejak dini anak-anak usia remaja keluar rumah di atas pukul 21.00 WIB tanpa bimbingan orang tua wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini mencegah anak-anak kita dari jebakan pergaulan negatif atau pergaulan yang membawa pada masa depan yang gelap. Untuk itu, remaja perlu menjaga pergaulannya dengan kegiatan-kegiatan yang positif agar tidak terjebak tindakan negatif yang melanggar hukum, salah satunya tawuran atau balap liar,” harap Ipda Agus Salim.

Tya Wiedya