blank
Ratusan penggemar sepeda motor trail meriahkan Blora Extreme #3 start/finish dari lapangan tembak Batalyon Infanteri 410/Alugoro Blora, Jawa Tengah menyusuri hutan desa Bangowan, Kecamatan Jiken. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Ratusan penggemar sepeda motor trail (biker motor trail) memeriahkan Blora Extreme #3 dan Baksos yang digelar oleh  Batalyon Infanteri (Yonif) 410/Alugoro Blora Minggu, 8 Oktober 2023.

Even Blora Extreme #3 ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI dan HUT Batalyon Infanteri 410/Alugoro, mengambil titik start dan finish di lapangan tembak Baladewa Yonif 410/Alugoro Blora.

Tak hanya bikers trail dari Blora, melainkan para peserta juga berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan wilayah Jawa Timur. Di antaranya dari Kabupaten Grobogan, Rembang, Tuban, dan Kabupaten Bojonegoro, yang mengikuti trabas/jelajah hutan dengan naik sepeda motor trail.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 410/Alugoro, Letkol Inf. Muhammad Arif, S.Hub., Int., berharap kegiatan jelajah hutan dan menaklukkan tanjakan itu dapat berkelanjutan tiap tahun, Danyonif berpesan agar faktor keamanan bisa diutamakan oleh para biker terutama pada tanjakan.

“Kegiatan ini dalam rangka dua kegiatan, kami juga berpesan pada bikers tetap utamakan keselamatan,  jangan sampai dengan semangat yang membara sehingga lupa faktor keamanan,” pesan Danyonif.

Dikemukakan Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf. Muhammad Arif, bahwa di acara Blora Extrem #3, para biker akan menjelajah wilayah hutan Blora.  Selain itu para biker juga akan menaklukkan tanjakan yang rutenya sudah disiapkan.

“Nanti ada tiga tanjakan yang sudah disiapkan, kami nanti juga akan menggelar baksos untuk masyarakat sekitar,  semoga bisa bermanfaat dan masyarakat bisa ikut terhibur dengan kegiatan ini,” jelas Danyonif 410/Alugoro.

Dipilihnya track (lintasan) menuju Puncak Desa Bangowan, lanjutnya,  bukan tanpa alasan. Lintasan tersebut dipilih lantaran memiliki tanjakan dan turunan yang cukup menantang (Extrem). Hal ini justru membuat kegiatan trabas semakin menarik.

“Tak hanya track-nya yang ekstrem, selain menantang adrenalin, juga mengenalkan keindahan alam Blora,” tandas Danyonif 410/Alugoro.

Pada kesempatan even tersebut, Bupati Blora, H. Arief Rohman bersama Forkopimda Blora ikut trabas dengan jalur fun yang sudah disediakan oleh panitia.

Bupati Blora mengapresiasi atas terselenggaranya even Blora Extreme #3 tersebut. Sekaligus juga mengucapkan selamat HUT TNI dan selamat HUT Batalyon Infanteri 410/Alugoro.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terus dilakukan dari Yonif 410/Alugoro semoga dengan event trabas ini bisa ikut mengenalkan Blora dengan segala kekayaan potensi yang ada,” ucap Bupati Blora.

Dari pantauan dilokasi, even trabas yang digelar oleh Batalyon Yonif 410/Alugoro Blora itu juga mendapat apresiasi dari warga desa Bangowan, yang melihat langsung di lapangan.

Salah satu warga desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Sumarno mengaku senang dan terhibur dengan adanya event trabas yang melintas di desanya. “Terhibur, ada tiga tanjakan,  para peserta saling berjuang untuk bisa hingga puncak.  Tadi ada beberapa  yang mencoba, ada yang berhasil dan ada yang gagal,” ujar Sumarno.

“Tadi juga ada pembagian sembako, terimakasih atas bantuan dari TNI yang memberikan bantuan sembako kepada warga sini dan semoga bermanfaat,” harap Sumarno.

Kudnadi Saputro