blank
Ilustrasi cuaca panas. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan mengalami hujan ringan sore nanti. Namun, untuk beberapa wilayah juga diprediksi cuaca panas hingga 37 derajat celsius.

Demikian disampaikan BMKG Ahmad Yani Semarang. Prakiraan cuaca tersebut berlaku hari ini mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Prakirawan cuaca BMKG Jateng, Harits Syahid Hakim dalam keterangannya, Senin (9/10/2023) menyampaikan, pagi hingga siang cuaca cerah berawan, sementara sore hingga awal malam umumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah pegunungan tengah sampai dataran tinggi, serta sebagian Jawa Tengah wilayah timur.

“Pagi hingga siang cerah berawan, sore sampai awal malam berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah pegunungan tengah sampai dataran tinggi, dan sebagian Jawa Tengah wilayah timur,” terangnya.

Prediksi cuaca di Jawa Tengah yang dirilis BMKG

Hujan ringan terjadi di Cilacap, Mungkid, Karanganyar, Sragen, Temanggung, Kendal, Slawi, Brebes, Magelang, Bumiayu, Majenang.

Sedangkan hujan sedang terjadi di Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo. Untuk wilayah lainnya diprediksi berawan.

Prediksi suhu mencapai 37 derajat Celsius

Untuk Semarang, Batang, Kendal, Demak, Jepara, Rembang, dan Pati diprediksi mengalami suhu yang paling panas dengan perkiraan suhu 27-37 derajat celsius.

Harits mengimbau agar masyarakat waspada dampak kekeringan akibat musim kemarau, serta kebakaran hutan dan lahan untuk daerah dengan tutupan vegetasi yang mudah terbakar.

Ning S