blank
Ilustrasi cara menghilangkan bau badan dengan tepat. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mengapa bau badan bisa lebih sering muncul saat tubuh banyak berkeringat? Saat kamu sedang banyak keluar keringat, mungkin kamu merasa tidak percaya diri karena masalah bau badan.

Jika hal itu terjadi, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan bisa kamu coba. Dengan hilangnya bau badan, kamu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan kembali percaya diri.

Mengutip dari Alodokter, bau badan dikenal dengan istilah bromhidrosis. Munculnya aroma tubuh yang kurang sedap umumnya disebabkan pertumbuhan bakteri di permukaan kulit dan ketiak. Bakteri tersebut akan mengolah keringat menjadi zat asam, sehingga muncul bau yang kurang sedap.

Begini Cara Menghilangkan Bau Badan yang Tepat

Meskipun tidak berbahaya, bau badan sering menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Jika kamu mengalami bau badan dan merasa terganggu karenanya, ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa dicoba, simak yuk!

1. Mandi secara teratur
Mandi secara teratur minimal sekali dalam sehari adalah cara menghilangkan bau badan yang paling tepat dan mudah. Dengan cara ini, kulit kamu akan bebas dari bakteri, debu, dan kuman, yang dapat menimbulkan bau badan.

Ketika mandi, pastikan untuk membersihkan bagian tubuh yang rawan berkeringat, seperti ketiak, selangkangan, leher, dan wajah, hingga benar-benar bersih.

2. Menggunakan sabun antibakteri
Untuk membasmi bakteri di kulit penyebab bau badan, kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung zat antibakteri. Meski demikian, sabun jenis ini mungkin tidak cocok jika kamu memiliki kulit yang kering atau sensitif.

Jika kulit kamu sering mengalami iritasi setelah menggunakan sabun tersebut, kamu bisa menggantinya dengan sabun yang mengandung pelembap dan tidak mengandung pewangi, misalnya sabun bayi.

3. Keringkan badan dengan benar
Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah pastikan kamu selalu mengeringkan daerah penghasil keringat, seperti ketiak dan selangkangan. Jika bagian tersebut kering dan bersih, bakteri penyebab bau badan akan lebih susah berkembang biak.

4. Gunakan pakaian yang tepat
Untuk pakaian sehari-hari, kamu bisa memilih pakaian dari bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik, misalnya kain katun. Untuk olahraga, kamu bisa memilih bahan yang lebih mudah menyerap keringat, seperti kain sintetis.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu mengganti kaus kaki guna menghindari munculnya bau di bagian kaki. Setelah menjalani aktivitas fisik atau olahraga yang membuat tubuh banyak berkeringat, biasakan untuk sering mengeringkan tubuh kamu dan jangan lupa mandi.

5. Gunakan deodoran atau antiperspiran
Deodoran memang tidak mencegah keringat keluar, tetapi wanginya akan menghalangi bau badan yang muncul. Sementara itu, antiperspiran bisa mengurangi keringat yang keluar dari tubuh. Produk ini biasanya disarankan untuk orang yang sering memproduksi keringat berlebihan.

6. Perhatikan asupan makanan
Konsumsi makanan pedas atau berbau tajam, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, paprika, serta minuman berkafein dan minuman beralkohol bisa membuat seseorang memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya.

Menghindari atau mengurangi makanan dan minuman tersebut bisa membantu kamu mengurangi bau badan.

Jika berbagai cara menghilangkan bau badan di atas masih belum berhasil, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk menentukan penyebab bau badan dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk membasmi bakteri di kulit penyebab bau badan, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan sabun khusus atau obat antibakteri.

Selain itu, untuk mengurangi produksi keringat berlebihan, dokter juga mungkin akan melakukan suntik botoks. Fungsi botox adalah untuk mengurangi kemampuan kelenjar ekrin memproduksi keringat.

Jika cara tersebut tidak juga berhasil mengobati bau badan kamu, dokter mungkin akan menganjurkan metode lain, yaitu operasi kelenjar keringat atau sedot lemak.

Ning S